Imam Nahrawi Merasa Difitnah perihal Bonus Timnas Indonesia U-22 Belum Cair

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 26 Mar 2019, 13:45 WIB
Menpora, Imam Nahrawi, menyerahkan hadiah kepada Timnas Indonesia usai menjadi juara Piala AFF U-22 2019. (Bola.com/Yoppy Renato)

Bola.com, Jakarta - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Refrizal, menyebut bonus juara Piala AFF U-22 2019 untuk Timnas Indonesia U-22 yang berasal dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) belum cair. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, bereaksi keras atas tudingan tersebut.

Imam gusar karena bonus tersebut telah lama diberikannya dan menganggap klaim Refrizal tidak berdasar serta menjurus ke arah fitnah.

"Ada isu bonus Timnas Indonesia U-22 dari Kemenpora belum cair. Padahal, telah cair sejak pekan lalu," kata Imam di Gedung Kriya Bhakti Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Selasa (26/3/2019).

Timnas Indonesia U-22 berhasil meraih gelar juara Piala AFF U-22 2019 di Kamboja setelah mengalahkan Thailand di partai final dengan skor 2-1. Sebagai bentuk apresiasi, Kemenpora mengucurkan bonus sebesar Rp2,1 miliar.

Setelah berhasil membawa pulang trofi Piala AFF U-22, Timnas Indonesia U-22, yang berubah menjadi Timnas Indonesia U-23, gagal total di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Pasukan Indra Sjafri tersingkir dari persaingan Grup K setelah menelan dua kali kekalahan beruntun dari Thailand (0-4) dan Vietnam (0-1).

"Sudah cair. Seorang anggota Exco PSSI yang menyatakan kekalahan dari Thailand kemarin, karena belum cair. Itu fitnah. Sudah cair sejak lama kok. Ada tanda pencairannya. Sejak mereka (uji coba) melawan Bali United sudah cair," jelas Imam.

Kemenpora memberikan bonus sebesar Rp2,1 miliar untuk Timnas Indonesia U-22 seusai merengkuh gelar Piala AFF U-22. Jumlah tersebut dibagikan kepada seluruh pemain beserta staf pelatih, dengan rincian R100 juta untuk pelatih, asisten pelatih empat orang masing-masing Rp 62,5 juta, ofisial tim yang berjumlah delapan mendapatkan Rp32 juta, dan Rp65 juta untuk setiap pemain.