Sukses


Tampil di Piala AFC U-23 2020, Timnas Vietnam U-23 Dapat Bonus Rp900 Juta

Bola.com, Hanoi - Timnas Vietnam U-23 berhasil menyegel satu tiket bermain di putaran final Piala AFC U-23 2020. Hasil itu menyusul kemenangan 4-0 atas Thailand di laga terakhir kualifikasi Grup K (26/3/2019).

Prestasi Timnas Vietnam U-23 itu mendapat apresiasi baik pemerintah maupun Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF). Seusai pertandingan melawan Thailand yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Nguyen Quang Hai dkk. mendapat kucuran bonus.

Pemerintah melalui Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Vietnam, Nguyen Ngoc Thien, secara khusus memberikan bonus senilai 500 juta dong Vietnam (Rp300,6 juta) kepada sang pelatih, Park Hang-seo.

VFF tak mau ketinggalan. Induk organisasi sepak bola Vietnam memberikan bonus kepada tim, senilai 1 miliar dong Vietnam (Rp611,8 juta).

Jika dibandingkan dengan bonus yang diterima ketika Timnas Indonesia U-22 menjuarai Piala AFF U-22 2019, jumlah itu mungkin tak seberapa. Osvaldo Haay dkk. saat itu mendapat Rp200 juta untuk setiap pemain dari Presiden Joko Widodo.

Belum lagi pemerintah melalui Kemenpora serta pihak lain turut menggelontorkan bonus maupun hadiah dalam bentuk barang seperti sepeda motor.

Timnas Vietnam U-23 jadi satu-satunya tim dari negara ASEAN yang lolos ke putaran final Piala AFC U-23 2020 setelah keluar sebagai juara Grup C dalam kualifikasi yang digelar di Hanoi, 22-26 Maret 2019.

ASEAN memang masih punya satu wakil lagi di putaran final, yakni Thailand. Namun, the War Elephants, lolos secara otomatis karena berstatus sebagai tuan rumah putaran final. 

Timnas Vietnam U-23 menyegel satu tiket ke putaran final dengan catatan apik. The Golden Stars tak terkalahkan, cukup tajam, serta tak kebobolan.

Dalam tiga pertandingan yang dilakoni di Grup K, Timnas Vietnam U-23 mengoleksi poin sembilan hasil dari menyapu bersih tiga pertandingan, mencetak 11 gol yang dihasilkan dari delapan pemain.

Ini adalah kali kedua secara beruntun Timnas Vietnam U-23 tampil di putaran final Piala AFC U-23. Pada edisi sebelumnya, 2018, Vietnam bahkan berhasil menembus final meski kalah 1-2 dari Uzbekistan.

Sumber: VFF

Video Populer

Foto Populer