Stefano Cugurra Teco Matangkan Skema Bola Mati dalam Latihan Bali United

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 30 Mar 2019, 12:45 WIB
Piala Presiden 2019 : Bali United Vs Semen Padang

Bola.com, Denpasar - Meski perhelatan Liga 1 2019 masih dua bulan lagi dan sudah tidak berpartisipasi di Piala Presiden 2019 yang ditayangkan Indosiar, Bali United terus melakukan persiapan dan latihan rutin. Bahkan sang pelatih, Stefano Cugurra Teco, juga memberikan menu-menu taktik, termasuk bagaimana memaksimalkan dan mengantisipasi skema bola mati dalam pertandingan.

Menurut Teco, skema bola mati merupakan sebuah alternatif bagi tim sepak bola untuk bisa memenangi pertandingan. Tak hanya harus dimaksimalkan, pelatih asal Brasil itu juga menegaskan pentingnya bagaimana tim asuhannya juga mengetahui cara mengantisipasi bola mati dari tim lawan.

"Tendangan bebas atau bola mati lainnya memang harus dimanfaatkan dan juga harus diantisipasi. Terkadang dalam suatu pertandingan, kedua tim bermain imbang dengan waktu tersisa yang tidak banyak, jadi mereka harus memanfaatkan bola mati untuk mendapatkan gol," ujar Teco, dikutip dari situs resmi klub, Jumat (29/3/2019).

Dengan alasan tersebut, mantan pelatih Persija Jakarta itu memberikan latihan teknik dan taktik bola mati secara khusus kepada tim asuhannya dalam persiapan menuju Liga 1 2019. Harapannya, semua pemain Bali United termasuk penjaga gawang bisa mempersiapkan diri ketika situasi seperti itu benar-benar terjadi di tengah pertandingan.

"Bagian ini yang perlu terus kami asah. Saya ingin pemain memanfaatkan peluang sekecil apa pun dari bola mati. Begitu juga dengan kiper yang harus terus belajar membaca situasi dalam mengantisipasi arah tendangan lawan ke gawang yang dijaganya," ujar Teco.

Memahami benar skema bola mati bisa menjadi strategi mematikan, Teco tak ingin eksekusi bola mati hanya dilakukan oleh pemain yang sama. Menurutnya, semua pemain Bali United harus bisa memaksimalkannya, dan ketika berada di dalam pertandingan, pemain yang paling siap yang akan maju untuk melakukan eksekusi.

Sumber: Bali United