Prediksi Arema FC vs Kalteng Putra: Duel Serangan di Kanjuruhan

Oleh Iwan Setiawan pada 02 Apr 2019, 07:30 WIB
Arema FC Vs Kalteng Putra

Bola.com, Malang - Arema FC dan Kalteng Putra saling berhadapan dalam leg pertama semifinal Piala Presiden 2019 yang ditayangkan Indosiar di Stadion Kanjuruhan, Malang, Selasa (2/4/2019). Duel dua tim kejutan di semifinal Piala Presiden ini akan memperlihatkan permainan menyerang yang cukup sengit.

Permainan menyerang akan menjadi strategi utama kedua tim yang ingin mengamankan peluang untuk lolos ke final. Arema FC yang baru memastikan tempat di semifinal usai menang 4-0 atas Bhayangkara FC pada Sabtu (30/3/2019) menyingkirkan rasa lelah dengan motivasi meraih kemenangan di depan Aremania.

"Sekarang kami memang dalam kondisi yang lelah. Namun, Arema akan bermain lebih disiplin dan meminimalkan kesalahan yang dibuat sendiri. Setidaknya, kami akan mencoba bermain bagus seperti ketika menghadapi Bhayangkara FC," ujar pelatih Arema, Milomir Seslija.

Kondisi pemain Arema memang terkuras secara fisik. Namun, mentalitas Singo Edan justru terangkat berkat kemenangan telak 4-0 di kandang Bhayangkara FC. Kepercayaan diri Hamka Hamzah dkk. untuk menghadapi Kalteng Putra pun menjadi lebih baik meski Milomir Seslija mengakui tim lawan punya kualitas yang bagus.

"Kalteng Putra sekarang merupakan tim yang kuat. Selain mereka unggul waktu recovery, mayoritas pemainnya seperti ingin memberikan bukti karena banyak pemain mereka yang musim lalu hanya menjadi pemain cadangan di klub sebelumnya," ujar Coach Milo.

Analisa terhadap permainan Kalteng Putra pun sudah dilakukan oleh pelatih asal Bosnia dan Herzegovina itu. Bahkan Milo merasa cukup optimistis karena melihat ada celah bagi timnya untuk mengalahkan tim tamu secara teknik.

"Kalteng Putra lebih banyak kebobolan dari situasi set-piece. Jadi itu yang akan kami maksimalkan. Kebetulan kami memiliki kelebihan dalam strategi tersebut. Sementara itu, proses gol yang dicetak Kalteng Putra lebih banyak lahir dari serangan balik dan tendangan jarak jauh, jadi kami akan mengantisipasi hal tersebut," tegas pelatih Arema itu.

2 of 3

Kalteng Putra Janjikan Perlawanan Sengit

Persija Jakarta Vs Kalteng Putra
Para pemain Kalteng Putra merayakan gol yang dicetak Patrich Wanggai ke gawang Persija Jakarta pada laga perempat final Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Kamis (28/3). Persija kalah adu penalti dari Kalteng. (Bola.com/Yoppy Renato)

Berhasil melangkah hingga ke semifinal Piala Presiden 2019 tentu menjadi prestasi tersendiri bagi Kalteng Putra yang merupakan tim promosi di Liga 1 2019. Pelatih Laskar Isen Mulang, Gomes de Oliveira, menyadari Arema akan bermain dengan motivasi tinggi di depan pendukungnya, tapi Kalteng Putra juga tidak akan bermain bertahan di leg pertama semifinal Piala Presiden 2019.

Kalteng Putra datang ke Malang dengan memiliki keunggulan waktu recovery yang lebih panjang, di mana tim asal Palangka Raya itu memang memainkan laga perempat final paling pertama ketimbang pertandingan yang lain. Kalteng Putra pun mencatatkan prestasi luar biasa dengan mengalahkan PSM Makassar dan Persipura Jayapura di fase grup, serta Persija Jakarta di perempat final.

Namun, Gomes menegaskan timnya tak boleh terlalu terlena dengan keunggulan yang mereka miliki. Dukungan luar biasa Aremania harus diperhitungkan, di mana pemain ke-12 Arema itu sangat membantu tim kesayangan mereka ketika menang 4-0 di Bekasi.

"Pertandingan menghadapi Arema tentu berat. Tim ini memiliki kualitas dan ketika mereka bermain di kandang sendiri mendapatkan dukungan yang sangat besar dari suporternya," ujar Gomes de Oliveira.

Meski menaruh respek yang begitu besar kepada Arema, Gomes de Oliveira menegaskan timnya tak akan bermain bertahan di Kanjuruhan. Walau masih memiliki pertandingan kandang yang akan digelar di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, pada leg kedua semifinal, Kalteng Putra bertekad bermain menyerang di leg pertama.

"Pola permainan kami baik dalam laga kandang maupun tandang tetap sama, yaitu permainan menyerang. Kami hanya bertahan ketika kehilangan bola. Saat menguasai bola lagi, tentu kami akan mencoba untuk mencetak gol ke gawang Arema," ujar mantan pelatih Madura United itu.

 

3 of 3

Prakiraan Susunan Pemain

Arema FC (4-2-3-1): Kurniawan Kartika Ajie (kiper); Alfin Tuasalamony, Hamka Hamzah, Hanif Sjahbandi, Ahmad Alfarizi (belakang); Hendro Siswanto, Pavel Smolyachenko, Dendi Santoso, Makan Konate, Rivaldi Bawuo (tengah); Dedik Setiawan (depan)

Pelatih: Milomir Seslija

Kalteng Putra (4-4-2): Dimas Galih (kiper); Wasyiat Hisbullah, OK Jhon, Rafael Bonfim, Kevin Gomes (belakang); Antoni Putro, I Gede Sukadana, Yu Hyun Ko, Feri Pahabol (tengah); Diogo Campos, Patrich Wanggai (depan)

Pelatih: Gomes de Oliveira

Lanjutkan Membaca ↓