Sukses


Thoriq Alkatiri Bikin Putusan Kontroversial di Piala AFC 2019

Bola.com, Kuwait City - Wasit asal Indonesia, Thoriq Alkatiri, membuat sebuah keputusan kontroversial saat memimpin pertandingan Grup C Piala AFC 2019 antara Al Qadsia kontra Malkiya di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait, Senin (1/4/2019). Thoriq Alkatiri memberikan penalti kepada tim tuan rumah ketika pemainnya dilanggar di luar kotak penalti.

Keputusan kontroversi itu terjadi pada menit ke-68, di mana kedudukan 0-1 untuk keunggulan Malkiya sebagai tim tamu. Pemain Al Qadsia, Bade Al Mutawa, melakukan penetrasi dari sisi kiri dan berusaha memasuki jantung pertahanan Malkiya. Namun, Bade Al Mutawa dilanggar tepat sebelum masuk ke kotak penalti dan terjatuh sembari melompat ke kotak penalti.

Thoriq Alkatiri kemudian meniup peluit dan menunjuk titik putih, keputusan yang langsung diprotes keras oleh pemain-pemain Malkiya yang merasa dirugikan dengan keputusan tersebut. Thoriq tak mengubah keputusannya dan tim tuan rumah pun berhasil menyamakan kedudukan sebelum akhirnya dua menit kemudian kebobolan dan kalah 1-2 dalam pertandingan tersebut.

Keputusan kontroversial Thoriq Alkatiri ini seperti menyambung kontroversi yang terjadi sebelumnya. Wasit terbaik Liga 1 2018 dan berlisensi FIFA ini juga sempat membuat kontroversi di level domestik, yaitu di laga perempat final Piala Presiden 2019 antara Persija Jakarta dan Kalteng Putra.

Thoriq Alkatiri dianggap mengambil keputusan kontroversial setelah mengesahkan gol Patrich Wanggai untuk Kalteng Putra yang dilakukan dengan tangannya. Thoriq mendapatkan protes keras dari pemain dan ofisial Persija. Bahkan pelatih Persija, Ivan Kolev, menyebut Thoriq menjawab tidak melihat peristiwa tangan menyentuh bola dalam gol yang dicetak Patrich Wanggai.

Video Populer

Foto Populer