Sukses


Jadi Rekrutan Anyar Persib, Esteban Vizcarra Justru Harus Istirahat 2 Bulan

Bola.com, Bandung - Gelandang naturalisasi Persib Bandung, Esteban Vizcarra, dipastikan tidak bisa memperkuat tim selama dua bulan ke depan. Pemain asal Argentina yang sudah menjadi warga negara Indonesia itu tidak bisa beraktivitas berat setelah naik meja operasi untuk menyembuhkan lutut kanannya.

Vizcarra baru menjalani operasi pada 28 Maret lalu di salah satu rumah sakit swasta di Bandung. Dokter tim Persib, Raffi Ghani, menyebut pemain anyar Persib itu tetap bisa beraktivitas setelah operasi, tapi tidak dengan bermain sepak bola.

"Ia tetap harus melakukan aktivitas. Jadi sekarang bukan istirahat total, tapi melakukan aktivitas di tempat fisioterapi untuk melatih otot-otot kakinya. Semoga bisa lebih cepat dari dua bulan," ujar Raffi Ghani di Lapangan Saraga ITB, Bandung, Rabu (3/4/2019).

Bicara soal cedera yang dialami oleh Vizcarra, Raffi menceritakan sang pemain mengalami bengkak pada kakinya satu hari setelah laga antara Persib Bandung dan Persebaya Surabaya di fase grup Piala Presiden 2019, pada 7 Maret 2019. Antisipasi awal hingga pemeriksaan lebih lanjut akhirnya membawa pemain yang musim lalu membela Sriwijaya FC itu harus dioperasi.

"Saya berikan obat anti-radang dan anti-bengkak. Setelah bengkak mereda, lutut kanannya terasa terkunci. Pemeriksaan fisik dilakukan dan saya menemukan benda asing di dalam lututnya yang bergerak. Akhirnya benda itu diketahui loose bodies dari engsel atau persendiannya yang membatasi pergerakan lututnya," ungkap Raffi.

"Setelah pemeriksaan fisik, kami melakukan pemeriksaan penunjang, yaitu MRI dan foto X-ray. Ternyata memang ada loose bodies. Demi mempercepat hilangnya keluhan, dia melakukan operasi pada Kamis (28/3/2019). Ada lima benda asing yang berupa fragmen tulang dari cedera yang pernah dialaminya," lanjutnya.

Menurut dokter tim Persib itu, cedera yang dialami Vizcarra kemungkinan karena ada bagian tulang yang lepas pada area cedera lama yang pernah dialaminya. Namun, baru saat ini muncul keluhan. Raffi meyakinkan bahwa cedera yang dialami Vizcarra bukan cedera yang buruk dan bisa kembali berlatih dalam dua bulan.

"Namun, karena ada bekas operasi luka sayat yang harus sembuh dalam dua pekan, ada beberapa yang harus diperbaiki. Jadi memang tidak bisa langsung beraktivitas di lapangan," tegasnya.

 

Video Populer

Foto Populer