3 Kandidat Pemain Terbaik Piala Presiden 2019

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 04 Apr 2019, 09:15 WIB
Kandidat Pemain Terbaik Piala Presiden 2019

Bola.com, Jakarta - Selain gelar juara, trofi pemain terbaik Piala Presiden 2019 juga diburu para pemain. Gengsi penghargaan ini tinggi lantaran menggambarkan kemewahan kualitas pemain di turnamen pramusim tersebut.

Pada Piala Presiden edisi pertama, Zulham Zamrun didapuk sebagai pemain terbaik plus peraih gelar top scorer setelah membawa Persib Bandung menjadi juara. Memasuki hajatan kedua pada 2017, Adam Alis Setyano merebut predikat best player, juga seusai mengantar Arema FC sebagai kampiun.

Edisi yang terakhir melahirkan Marko Simic sebagai pemain terbaik Piala Presiden. Selain merebut gelar pribadi, bomber asal Kroasia itu juga membantu Persija Jakarta jadi jawara dan turut menyabet atribut pencetak gol terbanyak.

Para pemain terbaik pada tiga edisi berikutnya selalu berasal dari tim juara. Di Piala Presiden 2019 yang telah memasuki semifinal, sejumlah pemain telah membuktikan diri bersaing menjadi pemain terbaik turnamen.

Gelar pemain terbaik Piala Presiden semakin prestise karena peraihnya akan diganjar hadiah Rp250 juta. Pemain terbaik pada musim lalu, Simic, tidak mungkin mempertahankan gelarnya lantaran tidak didaftarkan Persija Jakarta di tahun ini.

Berikut Bola.com merangkum tiga pemain yang kemungkinan dapat menyabet gelar pemain terbaik Piala Presiden 2019:

2 of 4

Manuchehr Jalilov (Persebaya Surabaya)

Manuchehr Jalilov (Persebaya Surabaya)
Pemain Persebaya, Manuchehr Jalilov, saat merayakan gol ke gawang Persib di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, dalam Piala Presiden 2019 (7/3/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

Manuchehr Jalilov berpeluang besar meraih gelar pemain terbaik Piala Presiden 2019. Bomber Persebaya Surabaya itu telah mengemas lima gol.

Teranyar, pemain asal Tajikistan ini menjadi pahlawan kemenangan 1-0 timnya atas Madura United pada leg pertama semifinal di Stadion Gelora Bung Tomo, Rabu (3/4/2019).

Torehan gol Jalilov setara dengan gelandang serang Persija Jakarta, Bruno Matos. Hanya saja, laju tim berjulukan Macan Kemayoran di turnamen ini telah terhenti di perempat final setelah takluk 3-4 (1-1) lewat adu penalti dari Kalteng Putra.

3 of 4

Makan Konate (Arema FC)

Bhayangkara FC Vs Arema FC
Gelandang Arema FC, Makan Konate, merayakan gol ke gawang Bhayangkara FC pada laga perempat final Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Sabtu (30/3). Bhayangkara kalah 0-4 dari Arema. (Bola.com/Yoppy Renato)

Makan Konate menjadi kuda hitam pada perburuan pemain terbaik Piala Presiden 2019. Gelandang asal Mali itu telah mencetak tiga gol hingga babak semifinal leg kedua.

Konate memang tidak menciptakan gol ketika Arema FC unggul 3-0 pada semifinal leg kedua menghadapi Kalteng Putra di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Selasa (2/4/2019). Meski begitu, kontribusinya begitu besar untuk tim berjuluk Singo Edan ini sepanjang turnamen.

4 of 4

Aleksandar Rakic (Madura United)

Aleksandar Rakic
Striker Madura United, Aleksandar Rakic. (Bola.com/Aditya Wany)

Aleksandar Rakic adalah andalan utama Madura United di lini depan. Sampai leg kedua semifinal, mantan personel Tira Persikabo itu sudah mencatatkan tiga gol.

Asalkan mampu membawa Madura United ke babak final dan mengembalikan ketertinggalan 0-1 dari Persebaya di babak semifinal, Rakic dapat bersaing dalam penghargaan pemain terbaik. Tapi, kalau tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrab itu tersingkir, maka peluang Rakic akan hilang.

Lanjutkan Membaca ↓