Sukses


AFF Hapus Kalimat dalam Berita perihal Indonesia Mundur dari Piala AFF U-15 Putri karena PSSI Kesulitan Dana

Bola.com, Jakarta - Pada Kamis (4/4/2019), Asosiasi Sepak Bola ASEAN (AFF) mengunggah berita ke situs resmi mereka perihal penarikan diri Indonesia dari keikutsertaan di Kejuaraan Piala AFF Putri U-15 2019 yang digelar di Chonburi, Thailand, 9-21 Mei 2019.

AFF mengunggah artikel dengan berbahasa Inggris itu dengan judul "Indonesia Withdraw from AFF U15 Girls" (Indonesia menarik diri dari Piala AFF Putri U-15).

Saat Bola.com mengutip informasi itu pada Jumat  (5/4/2019), dalam situs itu jelas tercantum alasan mengapa Indonesia urung mengirimkan tim dalam kejuaraan itu.

"FA Indonesia (PSSI), menyatakan kendala anggaran sebagai alasan mengapa mereka memutuskan untuk tak ambil bagian tahun ini," demikian pernyataan AFF yang tercantum dalam alinea kedua artikel.

Namun, setelah kabar ini menjadi santapan luas, termasuk di kalangan internasional, pada Jumat hari ini, ada sesuatu yang menarik. Bagian dalam alinea kedua itu, yang banyak dijadikan acuan oleh media massa, tak lagi tampak dalam bagian berita.

Kalimat "FA Indonesia (PSSI), menyatakan kendala anggaran sebagai alasan mengapa mereka memutuskan untuk tak ambil bagian tahun ini" tak ada lagi pada Jumat siang (5/4/2019). Alih-alih, AFF justru menambah satu foto dalam artikel unggahannya sehingga ada dua foto pada artikel itu.

Kalangan jurnalis yang meminta konfirmasi dari PSSI, mengacu pada informasi dari AFF itu, juga mendapat sanggahan. 

Kepala Hubungan Media dan Promosi Digital PSSI, Gatot Widakdo, kepada Bola.com, pada Jumat siang (5/4/2019), memberikan tangkapan layar (screenshot), dari berita AFF dengan judul "Indonesia Withdraw from AFF U15 Girls".

Namun, dalam tangkapan layar itu memang tak ada lagi bagian yang mencantumkan kendala anggaran sebagai alasan PSSI tak mengirimkan tim ke Kejuaraan Piala AFF Putri U-15 2019.

PSSI lantas juga mengirim rilis, yang berisikan penjelasan mengapa tak mengirim Timnas Indonesia Putri U-15 ke Piala AFF U-15 2019.

"Dikarenakan prioritas untuk membangun kompetisi Liga 1 Putri, diputuskan untuk tahun ini PSSI tidak mengirim Timnas Indonesia Putri U-15 di Piala AFF U-15," tulis PSSI dalam rilis yang diterima Bola.com, Jumat (5/4/2019).

Video Populer

Foto Populer