Bintang Duel Madura United Vs Persebaya: Hansamu Yama

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 06 Apr 2019, 21:30 WIB
Hansamu Yama dan Manuchekhr Dzhalilov

Bola.com, Pamekasan - Madura United gagal memanfaatkan status sebagai tuan rumah ketika menjamu Persebaya Surabaya pada laga semifinal leg kedua Piala Presiden 2019 di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Sabtu (6/4/2019). Tim berjulukan Laskar Sape Kerrab itu kembali takluk dari tamunya, kali ini dengan skor 2-3.

Atas hasil ini, Madura United gagal ke final. Tim Sape Kerrab kalah agregat 2-4 dari Persebaya Surabaya, setelah pada pertemuan pertama tumbang 0-1 (3/4/2019).

Keberhasilan Persebaya lolos ke partai final Piala Presiden 2019 tidak lepas dari kontribusi lini belakang. Terutama penampilan Hansamu Yama Pranata yang cukup menonjol dan sangat kuat mengorganisasi barisan pertahanan.

Bek berusia 24 tahun itu membuat Persebaya tak kebobolan lebih dari dua gol. Beberapa kali, penjagaan ketatnya mampu mematikan pergerakan lini depan Madura United.

Hansamu Yama sempat kecolongan ketika Aleksandar Rakic dan Alberto Goncalves mencetak dua gol Madura United. Namun, secara keseluruhan, eks pemain Timnas Indonesia U-23 itu bermain garang di lini belakang Persebaya.

Nilai plus terhadap penampilan Hansamu Yama adalah momen mencetak gol kemenangan Persebaya. Memanfaatkan umpan Otavio Dutra di menit ke-90+3, mantan bek Barito Putera ini merangsek masuk ke kotak penalti untuk menyosor bola.

Kualitas Hansamu Yama akan kembali diuji ketika Persebaya Surabaya berjumpa Arema pada partai puncak Piala Presiden 2019. Menganut format kandang dan tandang, pertandingan akan digelar pada 9 dan 12 April 2019.