Jadwal Final Piala Presiden 2019

Oleh Aning Jati pada 07 Apr 2019, 06:15 WIB
Piala Presiden 2019

Bola.com, Jakarta - Turnamen pramusim elite Piala Presiden 2019 mencapai partai puncak. Turnamen yang digelar sejak 2 Maret 2019 ini kini tinggal menyisakan dua tim terkuat yang akan beradu memperebutkan gelar juara Piala Presiden 2019.

Dua tim itu adalah sesama klub asal Jawa Timur, Arema dan Persebaya.

Perjalanan kedua tim mencapai final tentu tak mudah. Arema dan Persebaya harus melewati adangan mulai fase penyisihan grup, perempat final, semifinal hingga akhirnya memastikan tampil di final.

Berbeda dengan Persebaya yang terbilang mulus saat menjalani penyisihan Grup A, Arema yang tergabung di Grup E justru terseok-seok di fase itu. Padahal, mereka berstatus tuan rumah.

Selanjutnya, kedua tim makin matang dan membuktikan diri pantas tampil di laga puncak dari pertandingan ke pertandingan yang mereka jalani.

Ada yang baru pada Piala Presiden 2019, yakni terkait format partai final. Pada penyelenggaraan edisi-edisi sebelumnya, laga puncak selalu digelar satu kali saja (single match) di tempat netral. Namun, mulai edisi 2019 ini, laga final akan digelar dalam sistem kandang dan tandang.

Format ini memberi kesempatan pada kedua klub untuk bergantian bermain di depan pendukung sendiri, sehingga pertandingan diprediksi akan lebih meriah. Apalagi, Arema dan Persebaya terkenal sebagai rival.

Keduanya punya nama besar, khususnya di pentas sepak bola Jawa Timur, dengan basis kelompok suporter yang juga sama besar. Tak ayal, duel Arema melawan Persebaya di final Piala Presiden 2019 ini bisa jadi tontonan mengasyikkan.

Agar tak ketinggalan menyaksikan pertandingan final Piala Presiden 2019, pembaca Bola.com bisa mengetahui jadwal selengkapnya, di bawah ini.

Sebagai catatan, untuk menentukan tim mana yang lebih dulu mendapatkan jatah menjamu lawan, diputuskan Steering Committee (SC) dan Organizing Committee (OC) Piala Presiden 2019 melalui mekanisme drawing pada Sabtu malam (6/4/2019), sesudah laga leg kedua semifinal mempertemukan Madura United melawan Persebaya.

Hasilnya, Persebaya akan terlebih dulu menjamu Arema, dan selanjutnya bertandang ke markas Arema.

Seluruh pertandingan final Piala Presiden 2019 akan disiarkan secara langsung di Indosiar maupun dengan fasilitas live streaming.

Persebaya Surabaya, Arema FC, Liga 1 Indonesia 2018
Kapten Persebaya Surabaya, Rendi Irwan (kanan) mencoba melewati adangan pemain Arema FC, Hendro Siswanto pada lanjutan Liga 1 Indonesia 2018 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (6/5/2018). Persebaya Surabaya menang tipis 1-0. (Bola.com/Aditya Wany)
2 of 2

Jadwal Final Piala Presiden 2019

Selasa (7/4/2019)

Persebaya vs Arema

Stadion: Gelora Bung Tomo, Surabaya

Jam: 19.30 WIB

Jumat (12/4/2019)

Live: Indosiar

 

Jumat (12/4/2019)

Arema vs Persebaya

Stadion: Kanjuruhan, Kabupaten Malang

Jam: 19.30 WIB

Live: Indosiar

Lanjutkan Membaca ↓