Kalah dari Myanmar, Timnas Wanita Indonesia Gagal ke Olimpiade 2020

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 07 Apr 2019, 12:00 WIB
Timnas Wanita Indonesia, Kualifikasi Olimpiade 2020

Bola.com, Mandalay - Timnas Wanita Indonesia dipastikan gagal melangkah ke Olimpiade 2020 di Jepang setelah kalah telak 0-6 dari Myanmar dalam laga Grup A putaran kedua kualifikasi Olimpiade 2020 di Stadion Mandalathiri, Mandalay, Myanmar, Sabtu (6/4/2019). Kekalahan ini membuat Zahra Musdalifah dkk. tidak memiliki satu poin pun dalam dua pertandingan yang dijalani tim asuhan Rully Nere.

Tim berjulukan Garuda Pertiwi itu menelan kakalahan kedua mereka. Kurang tenang di awal babak pertama menjadi penyebab Timnas Wanita Indonesia begitu mudah kebobolan, di mana hanya dalam dua menit setelah kick-off gawang Indonesia dibobol Khin Marlar Tun.

Myanmar berhasil memperbesar keunggulan mereka menjadi 2-0 pada menit ke-18, di mana striker mereka, Yee Yee Oo, mampu menembus pertahanan Indonesia. Gol yang dicetak Win Theingi Tun pada menit ke-32 membuat Myanmar unggul 3-0 hingga babak pertama berakhir.

Melakukan sejumlah perubahan di babak kedua, Timnas Wanita Indonesia langsung kebobolan lagi pada menit ke-48. Setelah Myanmar menambah dua gol lagi pada menit ke-64 dan 73', Timnas Wanita Indonesia pun dipastikan kalah telak 0-6 dan gagal melangkah ke fase selanjutnya di kualifikasi Olimpiade 2020.

“Saya sudah amati permainan Myanmar sebelumnya. Memang mereka tampil kolektif, matang, dan bermain sesuai skema dan perencanaan. Pergerakan mereka dengan dan tanpa bola sangat rapi, bahkan gol-gol yang ada semua terencana. Namun, dari enam gol yang bersarang di gawang kami, tiga di antaranya adalah kesalahan kami sendiri” ujar kepala pelatih Timnas Wanita Indonesia, Rully Nere

“Kami kurang komunikasi, kurang tenang, grogi, dan panik. Pemain yang kami punya hanya ini, jadi kami memaksimalkan untuk menutup berbagai posisi agar tidak kosong. Saat Helsya masuk, ada sedikit perubahan, tapi memang kita kalah kelas dengan mereka,” lanjutnya

Timnas Wanita Indonesia memang masih memiliki satu pertandingan lagi yang harus dijalani pada Selasa (9/4/2019). Tim asuhan Rully Nere itu akan menghadapi laga kontra Nepal yang juga sudah dipastikan tersingkir setelah kalah dengan skor identik 1-3 dari Myanmar dan India.

Laga ini memang sudah tidak berpengaruh apa pun bagi kedua tim. Timnas Wanita Indonesia juga kalah 0-2 dari India di pertandingan pertama, sehingga hingga saat ini tak memiliki satu poin pun jelang laga terakhir di putaran kedua kualifikasi Olimpiade 2020.