Final Piala Presiden: Polda Jatim Minta Aremania Tak Datang ke Surabaya

Oleh Aditya Wany pada 08 Apr 2019, 18:45 WIB
Aremania

Bola.com, Surabaya - Polda Jatim meminta kepada pendukung Arema, Aremania, untuk tidak datang ke Surabaya. Relasi Aremania dengan Bonek, pendukung Persebaya Surabaya, sampai saat ini masih belum membaik.

Persebaya dan Arema dijadwalkan bersua dalam partai final Piala Presiden 2019 yang ditayangkan di Indosiar. Laga leg pertama akan digelar dengan Persebaya sebagai tuan rumah di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa sore (9/4/2019).

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, mengingatkan Aremania dan Bonek sudah memiliki nota kesepahaman mengenai hal ini. Pihaknya tidak ingin terjadi insiden yang tidak diinginkan jika tetap memaksa untuk saling mendatangi.

"Untuk kesepakatan itu tetap kami berlakukan. Sudah ada MoU (nota kesepahaman) seperti itu. Pada saat main di Surabaya, suporter Arema tidak datang. Begitu juga sebaliknya. Pada saat main di Malang, suporter Persebaya tak datang. Ini sudah kesepakatan sejak dulu," ucap Luki Hermawan, Senin (8/4/2019).

Polda Jatim akan mengawal pertandingan sesama klub Jawa Timur yang terlibat rivalitas sengit itu. Pertemuan bertajuk Derbi Jatim tersebut akan menjadi ujian banyak pihak untuk tetap menjaga keamanan di Jawa Timur.

"Pengamanan sudah kami siapkan sebagaimana mestinya, seperti sebelumnya. Ada eskalasi jumlah personel keamanan dan titik-titik tertentu daerah rawan," imbuh Luki Hermawan.

Polda Jatim menyebutkan sudah menambah jumlah personel keamanan untuk mengawal duel Persebaya versus Arema ini. Mereka akan mengerahkan 3.500 personel keamanan, meningkat dari biasanya yang berjumlah 2.200 orang.