Timnas Wanita Indonesia Fokus ke AFF Setelah Terhenti di Putaran Kedua Kualifikasi Olimpiade

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 10 Apr 2019, 14:30 WIB
Timnas Wanita Indonesia, Kualifikasi Olimpiade 2020

Bola.com, Jakarta - Langkah Timnas Wanita Indonesia untuk ke Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang, sudah terhenti. Kini, Tim berjulukan Garuda Pertiwi itu akan langsung fokus mempersiapkan diri mengikuti Piala AFF Wanita 2019 yang akan berlangsung di Thailand pada 14-27 Agustus 2019.

Timnas Wanita Indonesia dipastikan tak akan berlaga di Olimpiade 2020 setelah menyelesaikan putaran kedua kualifikasi dengan tanpa satu poin pun di Myanmar. Zahra Musdalifah dkk. harus menelan tiga kekalahan dalam fase kualifikasi tersebut, mulai dari 0-2 dari India, 0-6 dari tuan rumah Myanmar, dan 1-2 dari Nepal.

Tak punya waktu banyak untuk larut dalam kegagalan, Timnas Wanita Indonesia segera kembali melakukan pemusatan latihan untuk mempersiapkan diri tampil di Piala AFF Wanita 2019. Dalam turnamen yang diselenggarakan di Thailand pada 14-27 Agustus itu, Timnas Wanita Indonesia berada di Grup B dan lagi-lagi akan menghadapi Myanmar, di samping menghadapi Vietnam dan Kamboja.

"Pemain yang saat ini ada merupakan 20 pemain terbaik yang kami miliki. Namun, masih ada agenda lain pada tahun ini, yaitu Kejuaraan AFF Wanita dan SEA Games 2019, di mana kami harus mempersiapkan hal ini secara matang," ujar pelatih Timnas Wanita Indonesia, Rully Nere.

Namun, Rully Nere juga menegaskan kemungkinan terjadinya perubahan komposisi pemain setelah timnya gagal di putaran kedua kualifikasi Olimpiade 2020. Rencananya, dari 20 pemain yang ada, akan ada empat di antaranya yang akan dicoret dan tidak mengikuti pemusatan latihan berikutnya.

"Dari 20 pemain yang ada bisa saja tidak semua kembali terpilih. Namun, harus saya akui ada beberapa pemain yang akan saya terus pertahankan untuk menghadapi dua agenda tersebut," tegas pelatih Timnas Wanita Indonesia itu.

Sumber: PSSI