Sukses


Taklukkan Persebaya, Arema Juarai Piala Presiden 2019

Bola.com, Malang - Arema FC menjuarai Piala Presiden 2019 setelah mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor 2-0 pada leg kedua final yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jumat (12/4/2019). Singo Edan menyabet gelar juara setelah menang agregat 3-2 atas Bajul Ijo.

Gelar ini menjadi yang kedua diraih Arema sepanjang sejarah Piala Presiden. Gelar pertama diraih klub kebanggaan masyarakat Malang itu pada Piala Presiden 2017.

Bermain di depan pendukung sendiri, Arema langsung tancap gas. Tak sampai 30 detik setelah kick-off, tuan rumah mendapatkan peluang emas melalui Ricky Kayame. Namun, bola hasil sepakannya masih bisa diselamatkan Otavio Dutra.

Pada menit kedua, giliran Persebaya yang mengancam gawang Arema melalui Manuchehr Jalilov. Namun, bola hasil sepakan pemain asal Tajikistan itu masih membentur mistar gawang.

Dua menit berselang, Arema kembali menekan melalui tendangan bebas Makan Konate. Kali ini giliran tiang gawang yang masih mengamankan gawang Persebaya.

Memasuki menit keenam, giliran Damian Lizio yang hampir mencetak gol. Namun, bola hasil sepakannya hampir melewati garis sebelum diantisipasi Hamka Hamzah.

Makan Konate kembali menebar ancaman pada menit ke-27. Beruntung kali ini tembakan pemain asal Mali itu masih bisa diantisipasi oleh Dutra.

Gol yang ditunggu publik tuan rumah akhirnya tercipta pada menit ke-43. Ahmad Nur Hardianto melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti yang gagal diselamatkan kiper Persebaya kawalan Abdul Rohim. Skor 1-0 untuk keunggulan Arema FC bertahan hingga turun minum.

Memasuki paruh kedua laga, Persebaya mendapatkan tekanan bertubi-tubi dari Arema. Makan Konate menebar ancaman dua kali yakni pada menit ke-52 dan 59', namun dipatahkan Hansamu Yama.

Persebaya mencoba melakukan serangan dari sisi sayap dan kiri. Namun, sejumlah peluang yang dihasilkan berhasil dipatahkan barisan lini pertahanan Arema.

Memasuki akhir pertandingan, Arema berhasil menggandakan keunggulan melalui Ricky Kayame pada menit ke-90+1. Berawal dari tendangan ke arah gawang Persebaya, Abdul Rohim gagal menangkap bola.

Ricky Kayame dengan tenang melepaskan tendangan yang gagal diantisipasi Abdul Rohim. Hingga peluit panjang, tak ada lagi gol tambahan dan Arema FC menyabet gelar Piala Presiden 2019.

2 dari 2 halaman

Susunan pemain

Arema FC (4-3-3): Kuniawan Ajie (kiper), Johan Alfarizi, Arthur Cunha, Hamka Hamzah, Alfin Tuasalamony (belakang), Hanif Sjahbandi, Makan Konate, Hendro Siswanto (tengah), Ricky Kayame, Ahmad Nur Hardianto, Dedik Setiawan (depan)

Pelatih: Milomir Seslija (Bosnia)

Persebaya Surabaya (4-3-3): Abdul Rohim (kiper), Novan Setya, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Ruben Sanadi (belakang), Abu Rizal, Damian Lizio, Misbakus Solikin (tengah), Irfan Jaya, Manuchehr Jalilov, Amido Balde (depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman (Indonesia)

Video Populer

Foto Populer