Sukses


Park Hang-seo Beberkan Rahasia Timnas Vietnam Mencapai Kesuksesan

Bola.com, Hanoi - Sepak bola Vietnam saat ini dalam gairah tertinggi. Prestasi demi prestasi mereka catatkan, terutama di level U-22, U-23, dan Timnas Vietnam senior, setidaknya dalam kurun waktu 1,5 tahun terakhir atau tepatnya sejak Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) menunjuk Park Hang-seo sebagai pelatih kepala di level U-22/U-23 dan timnas senior.

Park Hang-seo, pelatih asal Korea Selatan, mulai terlibat dalam sepak bola Vietnam secara langsung pada Oktober 2017. Sejak itu, sepak bola Vietnam seolah melejit, jadi sorotan berkat penampilan apik mereka, tak hanya di level Asia Tenggara melainkan juga hingga ke level Asia.

Dalam sebuah wawancara yang dimuat dalam situs resmi AFC, Jumat (12/4/2019). Park Hang-seo membeberkan kunci suksesnya sejauh ini bersama Timnas Vietnam.

"Saya akan mengatakan kesuksesan ini hasil dari kekuatan Vietnam, yakni solidaritas, kebanggaan, kecerdasan, dan semangat juang. Semuanya bekerja, bukan secara individu melainkan sebagai satu tim. Sebagai pelatih kepala, saya telah berusaha membangun kepercayaan diri dan keyakinan dalam tim," kata Park.

Mantan asisten pelatih Timnas Korea Selatan pada Piala Dunia 2002 itu menambahkan ia punya filosofi khusus dalam melatih.

"Mentalitas menang. Saya mengatur tim untuk memenangi pertandingan sebanyak mungkin yang saya bisa. Saya adalah pelatih kepala timnas. Tanpa hasil bagus, tak akan mudah untuk mendapatkan dukungan dari FA, fans, dan pihak lain. Tentu saja untuk mendapatkan hasil bagus, kerja keras merupakan aspek paling mendasar," bebernya.

Selama 15-16 bulan sejak keberadaannya di kursi panas pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo kerap seolah menghadirkan keajaiban bagi pendukung The Golden Stars. Timnas Vietnam mampu mengukir sejarah-sejarah baru bersamanya.

Bahkan, pelatih 60 tahun itu mengakui, ia menjalani tahun penuh keajaiban bersama The Golden Stars.

"Ada beberapa turnamen besar buat kami, dan secara pribadi, itu merupakan tahun penuh keajaiban. Saya rasa semua dalam tim benar-benar memberikan yang terbaik sesuai posisi mereka masing-masing. Sekarang, kami menantikan apa yang akan terjadi karena kami punya banyak tantangan di depan," imbuh Park.

Di bawah asuhan Park Hang-seo, Timnas Vietnam senior dan U-22/U-23 di antaranya mampu menembus posisi 100 besar dalam ranking FIFA, peringkat ke-98 per 4 April 2019, juara Piala AFF 2018, jadi semifinalis Asian Games 2018, tampil hingga perempat final Piala Asia 2019, dan jadi finalis Piala AFC U-23 2018.

Sumber: AFC

Video Populer

Foto Populer