Posisi Pavel Smolyachenko di Arema Aman

Oleh Iwan Setiawan pada 15 Apr 2019, 22:30 WIB
Pavel Smolyachenko

Bola.com, Malang - Gelandang Arema asal Uzbekistan, Pavel Smolyachenko, punya nasib lebih bagus. Posisinya masih aman setidaknya untuk setengah musim kompetisi ke depan. Padahal, beberapa waktu lalu dia dikabarkan akan didepak bersamaan dengan striker Robert Lima Guimaraes.

Pada Senin (15/4/2019), manajemen Arema menegaskan Pavel masih dibutuhkan pelatih Milomir Seslija, meski sering jadi cadangan selama Piala Presiden 2019.

"Pavel masih aman. Tapi, akan dievaluasi lagi pada pertengahan musim Liga 1 2019," kata Ruddy Widodo, General Manager Arema.

Arema mempertahankan Pavel karena satu alasan. Dia bisa jadi solusi bermain sebagai gelandang bertahan maupun stoper. Hal itu sudah pernah dicoba dalam Piala Presiden 2019.

"Pelatih melihat karakter bertahannya bagus dan dia masih dibutuhkan dalam beberapa momen," lanjutnya.

Saat mengarungi kompetisi, tentu bakal ada rotasi pemain. Kebetulan Arema saat ini juga masih krisis stoper sehingga saat Hamka Hamzah atau Arthur Cunha absen, dia bisa jadi solusi.

Di posisi aslinya, Pavel sudah kalah bersaing dengan sederet gelandang lokal, seperti Hendro Siswanto, Hanif Sjahbandi, dan Jayus Hariono. Ketiga pemain lokal itu membuat lini tengah Arema lebih bertenaga.

Sebenarnya hal yang aneh jika di posisinya, pemain asing hanya sebagai pelapis. Tetapi, pelatih Singo Edan meyakini pemain 27 tahun itu punya potensi bisa memperbaiki performanya seperti saat awal bergabung.

"Pavel sebenarnya punya kemampuan. Pelatih yakin dia masih bisa berkembang lagi," jelas Ruddy.

Saat ini pelatih Arema, Milomir Seslija, masih berupaya mengembalikan top performa Pavel. Sejak sakit tifus, dia seperti kehilangan keahliannya.

Umpan terobosan dan jarak jauhnya tak lagi terlihat. Begitu juga saat melakukan pressing kepada lawan. Berbeda saat dia masih pertama datang. Pavel bisa jadi salah seorang pengatur serangan membantu Makan Konate. 

Kebijakan mmpertahankan Pavel membuat rumor perekrutan Mika Rokavec memudar. Pasalnya, gelandang asal Slovenia jebolan Lazio itu punya posisi yang mirip Pavel. Kini Arema tinggal mencari pemain asing berposisi striker murni sehingga Rokavec hanya sebatas rumor saja.