Prediksi Kaya FC Vs PSM: Misi Sulit Juku Eja

Oleh Abdi Satria pada 17 Apr 2019, 06:45 WIB
Kaya Fc Vs PSM Makassar

Bola.com, Bacolod - PSM Makassar wajib menekuk tuan rumah Kaya FC pada lanjutan pertandingan Grup H Piala AFC 2019 di Stadion Panaad, Bacolod, Rabu (17/4/2019). Tiga poin jadi vital karena saat ini PSM bertengger di peringkat dua grup, kalah produktivitas gol dari Kaya yang mengoleksi poin sama yakni lima poin.

Jelas tak mudah Juku Eja mewujudkannya, karena pada pertandingan nanti, pelatih Darije Kalezic tidak bisa memainkan tiga pilarnya. Aaron Evans (stoper) dan Zulham Zamrun (penyerang sayap) harus absen karena akumulasi kartu kuning. Sedang striker Ferdinand Sinaga harus menepi karena cedera tangannya belum pulih betul.

Selain itu, PSM tidak mendapatkan dukungan langsung dari suporternya karena sejumlah kendala, di antaranya tiket mahal dan hari pertandingan yang bersamaan dengan Pilpres dan Pileg 2019.

"Hal ini memang jadi kendala. Tapi, jauh-jauh hari kami sudah memperkirakan hal ini. Jadi, ada atau tidak suporter yang memberi dukungan langsung, saya tetap optimitis PSM meraih kemenangan," tegas Darije.

Pelatih PSM itu percaya dengan kemampuan skuatnya. Apalagi kedalaman tim PSM terbilang baik. Absennya Evans sudah diantisipasi dengan mengoptimalkan kemampuan Munhar, mantan bek Madura United yang akan berduet dengan Abdul Rahman.

Sementara itu, absennya Zulham tidak membuat Darije risau karena masih ada Bayu Gatra. Striker pelapis, Guy Junior, juga bisa dimainkan sebagai penyerang sayap.

Begitu juga dengan Wiljan Pluim yang kerap beroperasi dari sisi sayap, termasuk untuk sisi tombak utama. Eero Markkanen kian menunjukkan tajinya sebagai tumpuan menjebol gawang lawan.

Pada pertandingan nanti, Darije mengungkapkan skuatnya tetap bermain normal. Pelatih asal Bosnia ini pun meminta konsentrasi pemainnya tetap terjaga sepanjang pertandingan.

Mantan pelatih Roda JC Kerkrade ini tidak ingin pengalaman pahit pada pertemuan pertama terulang, di mana PSM harus berbagi poin dengan Kaya FC di Stadion Pakansari, Bogor (2/4/2019).

Darije pun memperkirakan Kaya FC akan bermain terbuka untuk memburu kemenangan atas PSM. "Situasi ini justru kami inginkan. Artinya, Kaya FC tidak lagi mengandalkan serangan balik yang menjadi kekuatan mereka selama ini," terang Darije.

 

2 of 3

Kaya FC Optimistis Menang

PSM Makassar Vs Kaya FC
Pemain Kaya FC-Iloilo merayakan gol yang dicetak oleh Marwin Angeles ke gawang PSM Makasar pada laga AFC Cup 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (2/4). Kedua tim bermain imbang 1-1. (Bola.com/Yoppy Renato)

Sementara itu, kubu Kaya FC percaya diri mampu mengalahkan PSM. Bekal hasil 1-1 pada pertemuan pertama di Stadion Pakansari, Cibinong, jadi motivasi tersendiri.

"Memang situasi dan kondisinya bakal berbeda. Tapi, bermain di kandang sendiri tentu membuat kami lebih optimis," tegas Noel Marcaida, pelatih Kaya FC.

Kaya FC sudah menunjukkan taringnya di Stadion Panaad, di mana mereka mampu melibas Home United (Singapura) lima gol tanpa balas. Pada pertandingan nanti, Kaya tetap menumpukan harapannya kepada striker Darryl Roberts yang mencetak dua dari lima gol Kaya ke gawang Home United.

Selain itu, Marcaida tidak melihat absennya Evans jadi keuntungan buat timnya. Marcaida yakin PSM sudah mengantisipasinya.

"PSM adalah tim yang bagus. Mereka tentu tidak masalah bila ada pemain yang absen," tegas Marcaida.

Pada pertandingan nanti, Kaya FC juga kehilangan stopernya, Tacuasalme yang juga harus absen karena akumulasi kartu. Pada pertemuan pertama, bek dengan tinggi 175 cm tampil baik untuk mematikan pergerakan Markkanen.

 

3 of 3

Susunan Prakiraan Pemain

Kaya FC (5-3-2): Outthilath Nammakhoth (kiper); Sayfa Aphideth, Saison Khounsamnan, Thipphachanh Inthavong, Victor Goncalves Amaro, Ketsada Souksavanh (belakang); Somsavath Sophabmixay, Otani Soma, Manolom Phetphakdy (tengah); Rafael de sa Rodrigues, Kazuo Homma (depan)

Pelatih: Noel Marcaida

PSM Makassar (4-3-3): Rivky Mokodompit (kiper); Benny Wahyudi, Munhar, Abdul Rahman, Taufik Hidayat (belakang); Wiljan Pluim, Marc Klok, Rizky Pellu (tengah); Bayu Gatra, Eero Markkanen, M. Rahmat (depan)

Pelatih: Darije Kalezic

 

Lanjutkan Membaca ↓