Duel Pelatih Kaya FC Vs PSM: Panggung Mengukur Kualitas Pelatih Lokal dan Asing

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 17 Apr 2019, 09:15 WIB
Kaya FC Vs PSM Makassar

Bola.com, Bacolod City - PSM Makassar akan menghadapi Kaya FC dalam matchday keempat Piala AFC 2019 yang berlangsung di Stadion Panaad, Filipina, Rabu (17/4/2019). Tak sekadar mencari pemenang, laga ini juga menjadi panggung pengukur kualitas pelatih lokal melawan asing.

Pada pertemuan pertama di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, (12/4/2019), PSM harus puas bermain imbang melawan Kaya FC. 

Sempat unggul melalui penalti Eero Markkanen pada menit ke-56, Juku Eja kecolongan menjelang akhir-akhir pertandingan setelah Marwin Angeles mencetak gol penyeimbang pada menit ke-90+3'.

Hasil itu membuat PSM gagal mengudeta posisi Kaya FC di puncak. Saat ini, Kaya FC masih berada di puncak dengan raihan lima poin, unggul selisih gol dari PSM.

Jadi, laga nanti diprediksi akan berlangsung sengit. Apalagi ini juga jadi panggung pembuktian kualitas pelatih Kaya FC, Noel Marcaida (Filipina) melawan pelatih PSM asal Bosnia, Darije Kalezic.

Noel Marcaida memulai kariernya dari tinggat bawah ketika dipercaya menjadi pelatih kiper di klub Kaya FC Academy. Kemudian Noel Marcaida sempat dipercaya menjadi pelatih kiper Timnas Filipina U-21.

Pada 2014, Noel Marcaida kemudian mendapatkan kesempatan naik jabatan dari pelatih kiper ke pelatih utama. Noel direkrut klub Filipina, Pachanga Diliman.

Tiga musim berlalu, Noel Marcaida akhirnya direkrut menjadi pelatih Kaya FC. Musim lalu, Noel berhasil mempersembahkan timnya gelar Copa Paulino Alcantara dan membantu Kaya FC finis sebagai runner-up Liga Primer Filipina.

Meskipun pelatih lokal, Noel Marcaida bisa membuktikan diri kualitasnya di Piala AFC. Hal itu dilihat dari raihan 1-1 melawan Lao Toyota, menang 5-0 melawan Home United, serta mengimbangi PSM Makassar dengan skor 1-1.

2 of 2

Asing Kualitas Eropa

Pelatih PSM Makasar, Darije Kalezic, memberikan arahan kepada pemainnya saat menghadapi Kaya FC-Iloilo pada laga AFC Cup 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (2/4). Kedua tim bermain imbang 1-1. (Bola.com/Yoppy Renato)

Sementara itu, PSM Makassar menunjuk Darije Kalezic pada awal 2019. Pelatih asal Bosnia itu ditunjuk sebagai suksesor Robert Alberts yang mengundurkan diri.

Kehadiran Darije Kalezic membawa angin segar akan kesuksesan PSM. Berbekal pernah melatih di beberapa klub Belanda seperti Jong PSV, Roda JC, hingga klub Arab Saudi, Al-Taawoun.

Sebelum bergabung dengan PSM, karier terakhir Darije Kalezic adalah menukangi klub Australia, Wellington Phoenix. Namun, sejauh ini Darije Kalezic belum betul-betul mampu membantu PSM bermain impresif.

Pada Piala Presiden 2019, PSM bahkan tersingkir di fase grup. Adapun pada Piala AFC 2019 ini Pasukan Ramang berada di peringkat kedua berkat raihan 1-1 melawan Home United, menang 7-3 melawan Lao Toyota, dan imbang 1-1 melawan Kaya FC.

Lanjutkan Membaca ↓