Kunci Kemenangan PSM Makassar atas Kaya FC

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 17 Apr 2019, 21:30 WIB
Para pemain PSM Makassar merayakan gol yang dicetak oleh Wiljan Pluim ke gawang Lao Toyota FC pada laga Piala AFC 2019. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Bola.com, Bacolod - PSM Makassar berhasil membawa pulang poin tiga dari lawatan ke Filipina. Menantang Kaya FC pada partai keempat Piala AFC 2019 Grup H di Stadion Panaad, Bacolod City, Rabu (17/4/2019), tim berjulukan Pasukan Ramang itu meraih kemenangan tipis, 2-1.

Dalam 25 menit pertama, PSM Makassar telah unggul 2-0. Rizky Pellu membuka skor kemenangan Pasukan Ramang di menit ke-21 lewat tandukannya.

Tiga menit berselang, kedigdayaan Eero Markkanen berhasil membuat gawang Kaya FC bergetar untuk yang kedua kalinya.

Kaya FC hanya mampu membalas sekali, itu pun via tendangan penalti yang dieksekusi Jovin Bedic di menit ke-90+1. Atas hasil ini, PSM berhasil mengkudeta tuan rumah dan menempati puncak klasemen sementara Grup H Piala AFC 2019.

Tambahan tiga poin mengantar PSM membukukan delapan angka, unggul tiga angka dari Kaya FC yang berada di peringkat kedua.

Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, membeberkan kunci keberhasilan timnya menaklukkan tuan rumah. Padahal, pada pertemuan pertama di Stadion Pakansari, Cibinong, kedua kesebelasan bermain imbang 1-1.

"Saya berpikir, Kaya FC bermain sama seperti ketika mereka melawan Home United di kandang. Dari semua laga yang sudah mereka mainkan, tidak kurang dan lebih, saya sudah persiapkan tim untuk menghadapi mereka karena mereka bermain sepak bola yang mudah ditebak dan itu mudah ditangani," ujar Kalezic pada konferensi pers setelah pertandingan.

"PSM bermain bagus dan disiplin tinggi. Ini penting untuk kami dan kami pun berhasil memenangkan pertandingan," kata Kalezic.

Berikutnya, PSM Makassar akan menjamu Home United pada partai kelima Grup H. Pertandingan tersebut bakal digelar pada 30 April 2019 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.