Fokus Hadapi Ceres-Negros, Persija Belum Pikirkan Lolos Penyisihan Grup Piala AFC

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 19 Apr 2019, 10:31 WIB
Gelandang Persija Jakarta, Bruno Matos, menggiring bola saat melawan Becamex Binh Duong pada laga Piala AFC. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta dalam posisi sulit di Piala AFC 2019. Untuk menghidupkan peluang lolos ke babak berikutnya, tim berjulukan Macan Kemayoran itu harus lebih dulu menggasak Ceres-Negros pada partai kelima Grup G di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Selasa (23/4/2019).

Masalahnya, lawan yang akan dihadapi Persija Jakarta adalah klub yang berhasil menang 1-0 pada pertemuan pertama dan juga berstatus sebagai pemuncak klasemen sementara. Oleh karena itu, Macan Kemayoran perlu persiapan ekstra khusus untuk balas dendam atas wakil Filipina itu.

Saat ini, Persija Jakarta berada di peringkat ketiga Grup G dengan empat poin, defisit lima angka dari Ceres-Negros dan tiga poin dari Home United yang bercokol di posisi kedua.

Format Piala AFC 2019 hanya meloloskan empat tim dari tiga grup klub yang berasal dari Asia Tenggara ke babak semifinal Zona ASEAN. Tiga di antaranya berstatus kampiun grup dan satunya lagi adalah runner up terbaik.

Saat ini, Persija Jakarta bahkan tidak sanggup memenuhi kualifikasi sebagai runner up terbaik lantaran hanya terdampar di peringkat ketiga klasemen sementara. Alhasil, dibanding harus memikirkan untuk lolos ke babak berikutnya, konsentrasi Macan Kemayoran ialah memulangkan Ceres-Negros dengan tangan hampa ke Filipina.

"Kami fokus hanya melawan Ceres-Negros saja sekarang. Kalau fokus ke situ dulu, bisa ambil poin penuh, maka ke depannya akan lebih mudah," ujar bek Persija Jakarta, Ismed Sofyan.

"Insya Allah kami sudah siap. Kami sudah melakukan persiapan selama dua pekan dan kami sudah siap untuk menghadapi Ceres Negros," kata Ismed.