Markas Persebaya dalam Tahap Verifikasi PT LIB

Oleh Aditya Wany pada 20 Apr 2019, 05:30 WIB
Final Piala Presiden 2019: Persebaya Surabaya Vs Arema FC

Bola.com, Surabaya - Persebaya kedatangan tamu dari perwakilan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Mereka mendatangani Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, yang merupakan kandang Persebaya, Jumat (19/4/2019).

Kehadiran perwakilan PT LIB ke Stadion GBT bertujuan melakukan verifikasi stadion yang bakal dipakai kontestan Liga 1. Hal ini dilakukan mengingat Liga 1 2019 sudah semakin dekat dan bakal mulai bergulir pada 8 Mei.

"Tadi kami kedatangan perwakilan dari operator, LIB untuk melakukan verifikasi stadion jelang kompetisi musim 2019. Hal ini rutin menjadi kegiatan operator untuk melihat kesiapan tim peserta terutama kelayakan stadion," ungkap Ram Surahman, sekretaris Persebaya.

"Banyak yang mereka lihat dan periksa. Seperti tribune, fasilitas locker room pemain dan wasit, lapangan pertandingan, lampu stadion, dan lainnya. Yang jelas, Persebaya dalam posisi siap dan insyaAllah tidak ada masalah," imbuhnya.

 

Satu di antara perwakilan verifikasi PT LIB, Zumi Zovtan, menyebutkan hasil verifikasi sudah bisa diketahui klub-klub pada minggu depan. Menurutnya, faktor yang menjadi perhatian adalah masalah lampu. Kualitas pencahayaan atau lampu penerangan harus diangka 1.200 LUX. Sesuai standar AFC (Konfederasi Sepak Bola Asia).

"Intinya kami cek keseluruhan, tetapi yang paling penting adalah lapangan, locker room dan lampu. Minimalnya 800 LUX. Jadi kami mau cek ulang, karena terkadang setiap tahun ada perubahan lantaran kualitas lampunya," ucap Zumi.

Stadion yang mampu menampung 50 ribu penontin ifu telah mengalami sejumlah perubahan sejak awal musim. Ruang ganti pemain dan lorong masuk pemain ke dalam lapangan telah diganti menjadi lebih modern.

Selain itu, Pemkot Surabaya juga tengah melakukan pembenahan terhadap sejumlah akses ke markas kebanggan suporter Persebaya. Di antaranya adalah jalan masuk ke area stadion yang dalam proses pengaspalan.