4 Pemain Korea Selatan yang Bakal Meramaikan Liga 1 2019

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 22 Apr 2019, 08:15 WIB
Pemain asal Korea di Liga 1

Bola.com, Jakarta - Liga 1 2019 akan bergulir dalam hitungan hari dengan jadwal kick off pada 8 Mei. Beberapa klub masih sibuk mencari pemain asing untuk mengisi slot 3+1 atau tiga pemain asing bebas dan satu wajib dari Asia.

Untuk pemain asing asal Asia, mengacu pada data per Minggu (21/4/2019), semua tim peserta sudah memenuhi slot. Berdasarkan data tersebut, pemain Korea Selatan paling banyak digunakan jasanya.

Dari 18 klub Liga 1 2019, sebanyak empat klub menggunakan jasa pemain asal Korea Selatan. Di posisi kedua ada Jepang dan Uzbekistan yang masing-masing menyumbang tiga nama.

Setelah itu, ada Australia, Irak, dan Tajikistan yang masing-masing menyumbang dua pemain. Terakhir ada Turkmenistan dan Nepal dengan masing-masing satu pemain.

Larisnya pemain Korea Selatan tak terlepas dari karakter dan kualitas mereka. Pemain asal Korea Selatan dikenal tangguh, disiplin, dan memiliki semangat pantang menyerah.

Sebanyak tiga dari 4 pemain Korea Selatan yang bakal meramaikan Liga 1 2019 bermain di lini tengah. Mereka berprofesi sebagai gelandang bertahan yang mengatur tempo permainan timnya.

Lantas siapa sajakah sosok-sosok tersebut? Berikut ini empat pemain asal Korea Selatan yang bakal tampil dan meramaikan Liga 1 2019:

2 of 5

Yoo Jae-hoon (Barito Putera)

Kiper Mitra Kukar, Yoo Jae-Hoon saat melawan Persib Bandung pada laga Liga 1 Indonesia di GBLA, (8/4/2018).  (Bola.com/Nick Hanoatubun)

Yoo Jae-hoon bergabung dengan Barito Putera pada awal Januari 2019 dari Mitra Kukar. Kiper kelahiran Ulsan, Korea Selatan, 7 Juli 1983 itu masih mengisi slot pemain Asia milik Barito Putera.

Namun, Yoo Jae-hoon bisa mendaftar sebagai pemain lokal ketika proses naturalisasinya selesai. Kiper berpostur 186 cm itu sedang mengurus proses naturalisasinya yang diperkirakan rampung sebelum Liga 1 2019 bergulir.

Barito Putera adalah klub Indonesia keempat yang dibela Yoo Jae-hoon. Sebelumnya, kiper lulusan akademi University of Ulsan itu pernah memperkuat Persipura Jayapura (2010-2015, 2016-2018), Bali United (2015-2016), dan Mitra Kukar (2018).

Yoo Jae-hoon tercatat sudah meraih 2 gelar liga di Indonesia yakni pada 2010-2011 dan 2013 bersama Persipura. Kini, Yoo Jae-hoon bertekad menambah gelar bersama Barito Putera di bawah asuhan pelatih Jacksen F Tiago.

3 of 5

Lee Yoo-joon (Bhayangkara FC)

Pemain Bhayangkara FC, Lee Yoo-joon, melempar bola saat latihan di Stadion PTIK, Jakarta, Minggu (2/12). Latihan ini persiapan jelang laga Liga 1 melawan PSM Makassar. (Bola.com/Yoppy Renato)

Bhayangkara FC masih mengandalkan jasa Lee Yoo-joon di Liga 1 2019. Ini menjadi musim ketiga buat pemain kelahiran Seoul, Korea Selatan, 26 September 1989 itu.

Dalam dua musim terakhir, Lee Yoo-joon selalu mendapatkan kesempatan bermain di skuat inti. Tercatat, gelandang berusia 29 tahun itu tampil sebanyak 32 kali di tiap-tiap musim.

Hal itu menjadi bukti peran Lee Yoo-joon di Bhayangkara FC sangat krusial. Pada musim pertamanya, Lee Yoo-joon mampu mengantarkan The Guardian menjadi juara Liga 1 dan musim lalu membantu timnya finis di peringkat ketiga ketika masih diasuh pelatih Simon McMenemeny.

4 of 5

Yoo Hyun-goo (Kalteng Putra)

Gelandang Sriwijaya FC, Yoo Hyun-goo, saat pertandingan melawan Arema FC pada laga perempat final Piala Presiden di Stadion Manahan, Solo, Minggu, (4/2/2018). Sriwijaya FC menang 3-1 atas Arema FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Yoo Hyun-goo menerima tantangan baru dalam kariernya yakni bergabung dengan klub promosi Liga 1 2019, Kalteng Putra. Keputusan itu terpaksa diambilnya karena Sriwijaya FC turun kasta ke Liga 2.

Kalteng Putra menjadi klub ketiga yang dibela Yoo Hyun-goo. Selain di Sriwijaya FC (2015-2016, 2016-2019), Yoo Hyun-goo sebelumnya pernah membela Semen Padang (2010-2016).

Dengan pengalaman bermain di Indonesia yang tak sebentar, Yoo Hyun-goo diharapkan bisa memberikan yang terbaik di Kalteng Putra. Apalagi dia akan bermain di bawah asuhan pelatih Gomes de Oliviera yang sarat pengalaman dan cerdik.

5 of 5

Oh In-kyun (Persipura Jayapura)

Pemain Persib Bandung, Oh In-kyun menghinari terjangan pemain Mitra Kukar, Hendra Bayauw pada laga Liga 1 Indonesia di GBLA, (8/4/2018). (Bola.com/Nick Hanoatubun)

Oh In-kyun memulai petualangan barunya bersama Persipura Jayapura pada Liga 1 2019. Penampilan apiknya bersama Persib musim lalu menjadi alasan tim Mutiara Hitam merekrut Oh In-kyun.

Musim lalu, Oh In-kyun berhasil tampil sebanyak 27 kali dan mencetak tiga gol. Pemain berusia 34 tahun itu dikenal lincah dan merupakan gelandang pekerja keras.

Oh In-kyun juga bisa diandalkan dalam urusan mencetak gol. Kemampuan apiknya di lini tengah kerap menjadi motor serangan tim. Menarik rasanya menantikan kiprah Oh In-kyun bersama Persipura Jayapura di bawah asuhan pelatih Luciano Leandro.

Lanjutkan Membaca ↓