Madura United Melepas Dane Milovanovic

Oleh Aditya Wany pada 23 Apr 2019, 12:45 WIB
Dane Milovanovic

Bola.com, Bangkalan - Madura United secara resmi telah melepas gelandang asing asal Australia, Dane Milovanovic. Pemain berusia 29 tahun itu tidak lolos verifikasi pemain asing yang dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru selaku operator Liga 1.

"Secara resmi verifikasi Dane ditolak PSSI karena Dane tahun kemarin bermain di Liga 2 Australia dan statusnya amatir. Itu otomatis tidak memenuhi persyaratan, menurut PSSI yang tertuang di pasal 29," kata Haruna Soemitro, manajer Madura United.

Pernyataan Haruna itu kurang tepat. Sebab, Milovanovic tidak bermain di kasta kedua yang disebutnya Liga 2. Milovanovic justru berlaga di kompetisi regional Australia yang berstatus semi profesional.

Milovanovic musim lalu membela Preston Lions, yang merupakan klub regional Australia. Klub itu hanya kontestan Victorian State League Division 1, sebuah kompetisi regional di negara bagian Victoria.

Padahal, kriteria pemain asing yang musim lalu berkarier di luar negeri, harus sesuai ketentuan PT LIB. Pemain yang berkompetisi di Australia pada musim 2018 diharuskan tampil di kasta tertinggi saja.

“Secara resmi Madura United juga sudah melakukan permohonan verifikasi terhadap Dane untuk memperjelas status Dane. Faktanya, awal bulan ini ditolak, tidak memenuhi persyaratan," imbuh Haruna.

Dengan melepas Milovanovic, Madura United kini memiliki satu slot kosong pemain asing. Namun, itu diperuntukkan kepada pemain berpaspor negara anggota AFC.

"Oleh karena itu, kami secara resmi sudah melepas Dane dan secara pelan-pelan akan mencari penggantinya," imbuh Haruna.

Milovanovic kali terakhir muncul bersama skuat Laskar Sape Kerrab di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Sabtu (20/4/2019). Saat itu, Madura United melakoni uji coba dan itu menjadi terakhir kali buatnya berseragam Sape Kerrab.