Persela Tak Mengubah Jadwal Latihan Selama Ramadan

Oleh Zaidan Nazarul pada 24 Apr 2019, 06:15 WIB
Aji Santoso Persela Lamongan

Bola.com, Lamongan - Persela tidak akan mengubah porsi dan menu latihan selama Ramadan. Hal itu dipastikan oleh pelatih kepala Persela, Aji Santoso, pada Selasa (23/4/2019).

Menurut Aji, kebijakan itu diambil agar kondisi pemain tetap terjaga. "Saya tak ingin puasa memengaruhi kebugaran serta kondisi pemain saya. Apalagi kompetisi sudah semakin dekat," terang Aji.

Perubahan kemungkinan hanya terjadi pada jadwal latihan. Jika semula pagi atau sore hari, ada kemungkinan akan diubah pada malam hari, seusai salat tarawih.

"Jadwal latihannya mungkin akan kami sesuaikan dengan jadwal. Artinya bisa saja kami berlatih malam hari. Kami akan melihat situasinya terlebih dahulu. Jika latihan sore bisa maksimal, kami akan berlatih sore. Jika tidak maksimal, bisa saja kami ubah ke latihan malam," tutur Aji.

Aji meyakini, selama puasa timnya masih bisa berlatih maksimal. Sebab, mereka sudah punya pengalaman menjaga kebugaran pemain selama puasa. "Para pemain sudah tahu apa yang harus dilakukan, begitu pula tim pelatih dan manajemen," katanya.

Selama puasa, ada kemungkinan gizi pemain akan ditingkatkan. Artinya, konsumsi makanan untuk pemain mendapat perhatian lebih dari manajemen. Maklum, kalori yang harus dibakar oleh para pemain masih tetap sama dengan hari-hari normal. Maka itu, pemain harus mendapat asupan makanan bergizi tinggi.

"Biasanya seperti itu kalau puasa. Mungkin ada ekstra food supaya kebugaran pemain tidak menurun," kata Ragil Sudirman, asisten pelatih fisik Persela.