Prediksi PSM Vs Bhayangkara FC: Pembuktian Calon Tim Kuat Liga 1

Oleh Abdi Satria pada 27 Apr 2019, 06:00 WIB
Bhayangkara FC Vs PSM Makassar

Bola.com, Jakarta - Bhayangkara FC akan menantang PSM Makassar pada leg pertama 8 Besar Piala Indonesia 2018 di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (27/4/2019).

Pelatih Bhayangkara, Alfredo Vera mengakui kekuatan PSM sedikit di atas mereka. Tapi, pelatih asal Argentina ini menegaskan skuatnya tetap bermain normal untuk memburu kemenangan. Mantan juru taktik Persipura Jayapura ini malah tidak menugaskan pemainnya untuk melakukan man to mam marking.

"Tidak ada pengawalan khusus. Termasuk kepada Eero Markkanen. Percuma saja kalau kami hanya memberikan pengawalan khusus kepada satu atau dua pemain karena materi PSM sangat merata," terang Alfredo.

Menurut Alfredo, lini serang PSM terbilang terbaik di Piala Indonesia. Apalagi lini ini ditopang oleh pergerakan Wiljan Pluim yang bukan hanya berperan sebagai pengumpan tapi juga pencetak gol.

"Jadi strategi terbaik buat Bhayangkara adalah setiap pemai n memberikan pengawalan kepada pemain lawan yang terdekatnya," pungkas Alfredo.

Di sisi lain, PSM mematok target tinggi. Pelatih Darije Kalezic pun memastikan bakal menurunkan materi starternya untuk mewujudkan target tersebut.

Bagi Darije dan PSM, langkah ini merupakan kali pertama mereka lakukan di turnamen lokal. Sebelumnya, di Piala Presiden 2019, Darije sengaja menyimpan kekuatan dengan memainkan lapis kedua.

Saat itu, Darije sedang membangun tim dan lebih fokus ke Piala AFC 2019. Hasilnya, PSM selalu kalah di babak penyisihan grup. Sebaliknya, PSM belum terkalahkan di Piala AFC 2019 dan memimpin Grup H dengan poin 8. Kini, Darije lebih percaya diri.

 

 

2 of 2

Lebih Percaya Diri

Para pemain Bhayangkara FC merayakan gol yang dicetak Anderson Sales ke gawang Bali United pada laga Piala Presiden 2019. (Bola.com/Yoppy Renato)
Para pemain Bhayangkara FC merayakan gol yang dicetak Anderson Sales ke gawang Bali United pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Kamis (14/3). Bhayangkara menang 4-1 atas Bali. (Bola.com/Yoppy Renato)

Meski situasi sama yakni menghadapi jadwal padat, Darije yakin skuatnya bakal tampil trengginas di markas Bhayangkara. Termasuk memainkan striker utama, Eero Markkanen yang sudah mencetak lima gol pada empat partai PSM di Grup H Piala AFC 2019.

Mantan striker Real Madrid Castilla berpeluang jadi sumber gol PSM ke gawang Bhayangkara. Apalagi Markkanen bakal absen saat PSM menjamu Home United pada laga lanjutan Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Selasa (30/4) karena sanksi akumulasi kartu kuning.

Markkanen bakal dimanjakan dengan umpan terukur dua penyerang sayap, Zulham Zamrun dan M. Rahmat. Sebaliknya, striker berpostur tinggi besar itu bisa jadi 'tembok' yang pas buat Wiljan Pluim yang beroperasi dari lini kedua.

Sementara dua gelandang Rizky Pellu dan Marc Klok menjadi penyeimbang di lini tengah. Sementara, Abdul Rahman dan Aaron Evans kembali berduet di sentral pertahanan PSM untuk membentengi kiper Rivki Mokodompit.

Lanjutkan Membaca ↓