3 Pemain Asing yang Menyedot Perhatian karena Perpindahan Klub

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 27 Apr 2019, 08:15 WIB
Trivia Pemain Asing yang Menyedot Perhatian Karena Perpindahan Klub

Bola.com, Jakarta - Liga 1 2019 bakal dimulai dalam hitungan pekan. Beberapa klub sudah memenuhi kuota pemain asing dan di antaranya merupakan transfer kejutan.

Untuk edisi tahun ini, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator liga masih memberlakukan kuota pemain aing 3+1. Artinya, tiga pemain asing bebas ditambah satu wajib dari negara-negara Asia.

Sejauh ini tinggal empat klub lagi yang belum melengkapi slot pemain asing. Bhayangkara FC menjadi yang paling banyak karena masih punya dua slot, sedangkan Kalteng Putra, Persela Lamongan, dan Persib Bandung masing-masing menyisakan satu kuota.

Pemain asing yang telah bergabung di klub Liga 1 2019 merupakan nama campuran. Setengah berasal dari nama lama yang sudah pernah bermain di Indonesia dan sisanya merupakan wajah-wajah baru dalam sepak bola Tanah Air.

Satu yang menarik adalah adanya perpindahan pemain asing dari satu klub ke klub lain. Para pemain tersebut pindah seragam dengan berbagai alasan seperti kontrak tidak diperpanjang atau tawaran gaji yang lebih menarik.

Tak jarang, nama-nama yang hengkang berhasil mencuri perhatian publik. Hal itu terjadi karena sebelumnya sang pemain terlihat baik-baik saja di klub lamanya.

Lantas, siapa sajakah sosok-sosok tersebut? Berikut ini 3 pemain asing yang berhasil mencuri perhatian dengan kepindahannya ke klub baru jelang Liga 1 2019 versi Bola.com:

2 of 4

Jaimerson Xavier (Madura United)

Bek Madura United yang dipinjamkan ke Persija Jakarta, Jaimerson Xavier. (Bola.com/Aditya Wany)

Jaimerson da Silva Xavier resmi bergabung dengan Madura United pada 11 Januari 2019. Pemain asal Brasil itu membuat keputusan mengejutkan padahal musim lalu sukses mengantarkan Persija Jakarta menjuarai Liga 1 2018.

Bersama Madura United, Jaimerson langsung mendapatkan peran penting di jantung pertahanan. Pemain berpostur 183 cm itu telah tampil sebanyak 10 kali.

Jaimerson tercatat membantu Madura United mencatatkan enam kemenangan, dua imbang, dan dua kali kalah. Catatan tersebut tentu saja menjelaskan ketangguhan lini belakang pasukan Dejan Antonic bersama Jaimerson.

3 of 4

Steven Paulle (Persija Jakarta)

Bek Persija Jakarta, Steven Paulle, mengamankan bola dari striker Kalteng Putra, Patrich Wanggai, pada laga perempat final Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Kamis (28/3). Persija kalah adu penalti dari Kalteng. (Bola.com/Yoppy Renato)

Persija Jakarta resmi merekrut Steven Paulle pada 24 Februari 2019. Kehadiran pemain asal Prancis itu diyakini untuk menambal lini belakang yang ditinggal Jaimerson da Silva Xavier.

Keputusan Persija merekrut Steven Paulle tak terlepas dari penampilan apik sang pemain musim lalu di PSM Makassar. Pemain 33 tahun itu sukses mencatatkan 31 penampilan pada Liga 1 2018.

Sejauh ini, Steven Paulle telah tampil sebanyak lima kali bersama Persija di semua kompetisi. Bersama pemain berpostur 187 cm itu, klub berjuluk Macan Kemayoran mencatatkan dua kemenangan, dua kali imbang, dan sekali kalah.

4 of 4

Aleksandar Rakic (Madura United)

Striker Madura United, Aleksandar Rakic. (Bola.com/Aditya Wany)

Madura United secara mengejutkan mendatangkan Aleksandar Rakic pada 16 Januari 2019. Laskar Sape Kerrap memboyong pencetak gol terbanyak Liga 1 2018 itu untuk menambah kualitas di lini depan.

Keputusan merekrut Aleksandar Rakic terbukti ampuh. Pemain asal Serbia itu mampu tampil apik dalam turnamen pramusim bersama Madura United.

Rakic sukses mencetak tujuh gol dalam sembilan pertandingan bersama Madura United. Menarik rasanya untuk menantikan gol-gol pemain 32 tahun itu di Liga 1 2019.

Lanjutkan Membaca ↓