Belajar dari Pengalaman Saat Terpuruk, Persija Harus Segera Bangkit

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 29 Apr 2019, 10:15 WIB
Diperbarui 29 Apr 2019, 10:15 WIB
Latihan Persija Jakarta
Pemain Persija Jakarta, Sandi Sute berebut bola dengan Nugroho melakukan latihan jelang laga Piala AFC di SUGBK, Jakarta, Senin (22/4). Persija akan berhadapan dengan Ceres-Negros. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Peluang Persija untuk melangkah jauh di Piala AFC 2019 makin tipis menyusul kekalahan dari Ceres-Negros dalam dua laga terakhir di Grup G Piala AFC 2019. Namun, momen keterpurukan ini bukan yang pertama kali dialami Persija dan skuat Macan Kemayoran diharapkan bisa segera bangkit.

Persija gagal mempertahankan gelar juara Piala Presiden setelah tersingkir di perempat final Piala Presiden 2019 lewat drama adu penalti melawan Kalteng Putra pada 28 Maret 2019. Tersingkirnya Persija dari Piala Presiden 2019 memungkinkan mereka bisa fokus di Piala AFC 2019.

Namun, pada kenyataannya, Persija justru menelan dua kekalahan di Piala AFC 2019. Macan Kemayoran kalah 0-1 dari Ceres-Negros di Filipina pada 3 April dan menyerah 2-3 dari tim yang sama di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada 23 April.

Boleh dikatakan saat ini Persija tengah dalam momen keterpurukan. Namun, ini bukan pertama kalinya Macan Kemayoran dalam kondisi terpuruk, mengingat sebelum 2017, klub ibu kota itu kerap dirundung masalah yang membuat mereka kesulitan bersaing di papan atas kompetisi domestik.

Bahkan ketika berlaga pada 2018 di bawah asuhan Stefano Cugurra Teco, Persija sempat mengalami kekalahan beruntun pada Mei. Empat pertandingan dijalani Persija baik di Liga 1 2018 maupun Piala AFC 2018 berakhir dengan kekalahan.

Namun, Macan Kemayoran mampu bangkit dan melangkah hingga semifinal zona ASEAN Piala AFC 2018 dan menjadi juara Liga 1 2018.

Gelandang Persija, Sandi Sute, menegaskan timnya harus segera bangkit, terutama karena Piala AFC 2019 menyisakan dua laga yang harus dimenangi agar Macan Kemayoran mempertahankan asa melangkah ke fase lebih lanjut di kompetisi Asia itu.

"Dalam beberapa pertandingan terakhir kami memang meraih hasil yang kurang maksimal. Namun, bagaimana caranya pemain harus bangkit. Beberapa tahun sebelumnya kami pernah mengalami situasi seperti ini," ujar Sandi Sute.

"Semoga pemain segera bangkit, terutama karena bertanding di kandang lawan yang tidak akan mudah. Intinya, semua pemain harus bekerja keras. Yang penting jangan sampai terlena," tegas Sandi Sute, menatap laga tandang menuju Vietnam untuk menghadapi Becamex Binh Duong di laga kelima Grup G Piala AFC 2019, Rabu (1/5/2019).

Persija masih memiliki dua laga tersisa di Grup G Piala AFC 2019, yaitu laga tandang menghadapi Becamex Binh Duong dan laga kandang menjamu Shan United. Persija wajib memaksimalkan kedua pertandingan itu untuk menang demi melangkah ke semifinal zonal ASEAN.

Sumber: Persija

Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia