Alasan Arema Memperketat Pengamanan Sesi Latihan

Oleh Iwan Setiawan pada 02 Mei 2019, 12:30 WIB
Arema FC

Bola.com, Malang - Ada yang berbeda dalam sesi latihan Arema FC setelah menjadi juara Piala Presiden 2019. Saat latihan di Stadion Gajayana, Stadion Kanjuruhan, maupun tempat lainnya di Malang, tidak ada lagi Aremania yang bisa mendekat di pinggir lapangan.

Manajemen Arema menugaskan sekuriti untuk membuat area dekat lapangan selalu steril. Hanya awak media yang dapat keleluasaan di pinggir lapangan untuk melakukan peliputan.

Kebijakan ini dilakukan untuk menjaga fokus pemain. Selain itu, ada kekhawatiran bola tendangan pemain justru mengenai suporter yang ada di pinggir lapangan.

“Sebenarnya suporter juga lebih aman dan nyaman di tribune,” kata pelatih Arema, Milomir Seslija. 

Aremania yang turun ke lapangan biasanya ingin lebih dekat dengan pemain. Mereka mengabadikan momen latihan dengan ponsel. Meski sekarang diperketat, Aremania masih dibebaskan untuk meminta foto dengan pemain seusai latihan.

Sejak awal tahun, aturan agar penonton tidak meluber ke sisi lapangan sudah diberlakukan. Namun, keamanan yang ditugaskan tidak selalu ada. Sekarang lebih tertib karena ada petugas yang selalu berjaga di pintu masuk menuju lapangan.

Aturan yang diberlakukan Arema ini sebenarnya tidak terlalu ketat jika dibandingkan beberapa tim besar lainnya. Ada banyak tim yang menerapkan latihan tertutup, sehingga tidak ada penonton sama sekali yang boleh masuk. 

Manajemen Arema FC juga tidak menerapkan aturan itu pada era kepelatihan Milomir Seslija. Termasuk pada Piala Presiden 2019. Pada waktu itu, Aremania bisa leluasa melihat aksi Hamka Hamzah dkk. ketika latihan.