Hanya Memiliki Amido Balde, Persebaya Tidak Berburu Striker Lokal

Oleh Aditya Wany pada 02 Mei 2019, 19:15 WIB
Otavio Dutra, Persebaya Surabaya

Bola.com, Surabaya - Krisis pemain depan masih dialami oleh Persebaya Surabaya. Dari 24 pemain yang telah diikat kontrak, hanya satu saja yang berposisi asli striker dan berperan sebagai target man, yaitu Amido Balde.

Status Amido sebagai pemain asing tentu memunculkan pertanyaan soal striker lokal Persebaya. Belum ada striker lokal murni yang dimiliki oleh Persebaya sebagai pelapis pemain asal Guinea-Bissau.

Melihat situasi tim, Persebaya tampak memang tidak akan mendatangkan striker baru jelang bergulirnya Liga 1 2019. Manajer Persebaya, Candra Wahyudi, percaya skuatnya sudah sangat mumpuni untuk musim ini.

"Kalau kami lihat yang sudah dilakukan oleh tim pelatih selama ini, memang utak-atik di situ (posisi striker). Ada opsi Osvaldo (Haay) dan (Manuchehr) Jalilov sana. Banyak opsi yang dilakukan, tidak harus striker lokal untuk jadi pelapis," kata Candra kepada Bola.com.

Musim ini, Persebaya lebih memilih memanfaatkan potensi pemain yang dimiliki dengan mengasah kemampuan bermain di posisi lain. Osvaldo dan Jalilov menjadi bukti praktik yang dilakukan Bajul Ijo itu.

Osvaldo sejatinya merupakan seorang penyerang sayap, sedangkan Jalilov adalah gelandang. Namun, mereka bisa menjadi striker yang tajam saat tampil menggantikan Amido Balde yang harus absen.

Selain dua pemain itu, masih ada Novan Setya Sasongko yang bisa bermain sebagai bek kiri dan kanan. Lalu juga ada Mokhamad Syaifuddin yang piawai bermain di bek kanan dan stoper.

"Teknisnya, tim pelatih sudah menyiapkan opsi tersebut. Dengan materi pemain yang ada, tim pelatih sudah punya rancangan dalam situasi tertentu," imbuh pria berusia 42 tahun tersebut.

Persebaya tetap bakal menambah tenaga lewat empat pemain untuk masuk skuat, dan itu pun merupakan pemain U-23. Tidak menutup kemungkinan satu di antaranya merupakan seorang striker.