Sukses


PSSI Menggelar KLB pada 13 Juli 2019, Kongres Pemilihan Digelar Januari 2020

Bola.com, Jakarta - Rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI di Kantor PSSI, FX Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (2/5/2019), membuahkan keputusan PSSI telah menentukan tanggal untuk Kongres Luar Biasa (KLB).

KLB direncanakan bakal bergulir pada 13 Juli 2019. Lokasinya masih belum diputuskan. Ada tiga pembahasan di KLB. Pembahasan pertama merevisi Statuta PSSI, kemudian mengubah kode pemilihan PSSI, dan yang ketiga memilih anggota baru untuk Komite Pemilihan (KP) serta Komite Banding Pemilihan (KBP).

"Pelaksanaan KLB ini sesuai dengan saran dan masukan dari FIFA yang disampaikan ke PSSI melalui surat resminya tertanggal 24 April 2019 yang ditandatangani Sekretaris Jenderal FIFA. PSSI secara intens berkomunikasi dengan FIFA, tak hanya terkait soal KLB, tetapi juga program dan masalah organisasi lainnya," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, disadur dari laman PSSI.

Iwan menambahkan, FIFA sedang mengkaji dan memberikan catatan dalam revisi statuta dan Kode Pemilihan. Nantinya, hasil review akan dikirim pada 12 Mei 2019.

PSSI akan membalas review dari FIFA tersebut paling lama pada 30 Mei 2019. "Finalisasi bersama akan dilakukan pada 6 Juni 2019," kata Iwan.

Iwan menambahkan, draft revisi statuta dan draft kode pemilihan PSSI akan dilampirkan dalam notifikasi dan undangan KLB yang akan dikirimkan sebulan sebelum waktu penyelenggaraan pada 12 Juni 2019. Mengenai kandidat nama-nama calon KP dan KBP akan diputuskan dalam Rapat Exco berikutnya.

Iwan menjelaskan FIFA menyarankan pergantian struktur kepengurusan PSSI diadakan pada Kongres tahunan PSSI, Januari 2020. Nantinya, akan digelar pemilihan untuk 15 Komite Eksekutif PSSI yang terdiri dari ketua umum dan dua wakil ketua umum serta 12 anggota. Exco terpilih akan bekerja sampai 2024.

"Komunikasi kami dengan FIFA, intinya FIFA ingin PSSI untuk tetap menjalankan programnya sesuai timeline, seperti kompetisi dan program FIFA Forward yang terdiri dari Pengembangan pelatih dan pemain melalui Filanesia dan Pengembangan Wasit. Terlebih lagi, Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah kualifikasi Piala AFC U-16 dan U-19. Dengan kondisi tersebut, Kongres Pemilihan PSSI akan dilaksanakan pada 25 Januari 2020, lebih cepat dari masa jabatan yaitu November 2016-November 2020," imbuh Iwan.

Video Populer

Foto Populer