Pendukung Persik Robohkan Pagar, Uji Coba Kontra Persita Terpaksa Berakhir Imbang

Oleh Gatot Susetyo pada 02 Mei 2019, 23:10 WIB
Persik Kediri, Persita Tangerang

Bola.com, Kediri - Aksi tidak simpati ditunjukkan penonton ketika laga uji coba Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kota Kediri, Kamis (2/5/2019). Ribuan pendukung Persik merobohkan pagar pembatas di tribune utara stadion yang memaksa pertandingan dihentikan saat skor imbang 3-3.

Belum genap satu pekan kericuhan terjadi saat Persik Kediri beruji coba dengan Persis Solo di stadion yang sama, Sabtu (27/4/2019), kini kericuhan kembali terjadi saat Persik beruji coba dengan Persita. Penonton kembali merobohkan pagar tribune stadion, dan kali ini dilakukan saat pertandingan belum berakhir.

"Tadi saya meniup peluit akhir pada menit ke-80. Saya harus membubarkan pertandingan demi keselamatan pemain. Itu juga sudah bagian dari peraturan pertandingan. Meski penonton Kediri tak pernah berbuat onar, tapi saya tak mau berspekulasi," kata Joan Rhobi, wasit asal Jombang.

Penonton berulah setelah Galih Akbar mencetak gol menit 71 untuk menyamakan skor menjadi 3-3. Tindakan kurang terpuji ini terjadi karena penonton tak ingin Persik menelan kekalahan untuk kedua kalinya. Pada uji coba melawan Persis, anak asuh Nasal Mustofa itu dipermalukan 1-2.

"Seharusnya penonton tak bersikap seperti itu. Sangat disayangkan pertandingan harus berakhir seperti ini. Mereka tak perlu khawatir timnya kalah. Malah sebaliknya, ketika penonton masuk sentelban, posisi Persik sedang menguasai permainan," ucap Joan Rhobi.

Pelatih Persita, Widodo C. Putro, tak bisa menilai kinerja anak asuhnya secara menyeluruh karena pertandingan dihentikan saat timnya baru menyamakan kedudukan.

"Saya baru bisa menilai jika pertandingan berjalan normal. Dari sisa waktu 10 menit, bisa saja Persita yang menang, atau sebaliknya Persik yang unggul," ujar mantan pelatih Bali United ini.