2 Putra Indonesia Resmi Berkiprah di Divisi 4B Liga Spanyol

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 06 Mei 2019, 17:15 WIB
Helmy, Reza dengan Cristo

Bola.com, Mallorca - Helmy Putra Damanik dan Muhammad Reza Kusuma, dua anak Indonesia kelahiran 2000, kini resmi bergabung dengan Tim Cristo B Spanyol.  Mereka berdua akan bermain penuh di Divisi Tercera B atau dikenal dengan Divisi 4 B Liga Spanyol.

Jumat, 3 Mei 2019, menjadi sebuah catatan sejarah baru untuk program Vamos Indonesia. Helmy dan Reza dipastikan bakal bermain di Liga Profesional Spanyol pada musim ini setelah sebelumnya sudah memperlihatkan kemampuan terbaik saat bermain di Divisi Honor, kasta tertinggi sepak bola Spanyol untuk usia 19 tahun. 

Helmy dan Reza memang membuktikan diri mampu bersaing dengan anak-anak Spanyol ketika mereka tampil membela tim CI de Amistad, klub sepak bola di Palencia, Spanyol, yang tampil di divisi Honor pada musim lalu. Sebagai contoh, Reza berhasil mencetak gol ketika timnya menghadapi Rayo Vallecano. Helmy pun mampu membuat gol ketika menghadapi Santa Marta, klub yang berlokasi di Madrid.

"Kedua anak ini sekali lagi mampu membuktikan bahwa anak Indonesia mampu bersaing di level internasional jika kesempatan itu diberikan dan mereka memiliki kemauan," ujar Founder Vamos Indonesia, Fanny Riawan, dalam rilis yang diterima Bola.com, Senin (6/5/2019).

Fanny mengungkapkan keduanya benar-benar memberikan kemampuan terbaik dan memaksimalkan persiapan dengan difasilitasi oleh Juan Chopper Carlos yang merupakan pemilik akademi dan sekolah Palencia Junior College, sebuah sekolah yang mempersiapkan anak-anak dari luar Spanyol agar bisa beraklamatisasi dan beradaptasi dengan iklim, budaya, dan bahasa Spanyol dengan sangat baik.

Herlmy dan Reza akan bermain di Liga Divisi Tercera B atau yang dikenal sebagai Divisi 4 B Liga Spanyol, di mana musim kompetisi yang baru akan dimulai pada Agustus 2019. Bagi Fanny, ini merupakan kesempatan bagi keduanya untuk membuktikan layak untuk berkompetisi dan melangkah ke level yang lebih tinggi lagi.

"Ini merupakan satu titik awal untuk mereka berdua. Mereka harus bisa membuktikan layak untuk bisa bersaing dan berkompetisi agar bisa segera masuk ke divisi 4 yang sesungguhnya, yaitu satu level di atas yang akan mereka jalani pada musim ini," ujar Fanny Riawan.

Sementara itu, Direktur Proyek Vamos Indonesia, Merdi Sofyansyah, menyatakan harapannya agar Helmy dan Reza bisa memperlihatkan kualitas yang lebih baik lagi. Merdi pun yakin momen ini menjadi tonggak baginya untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak Indonesia lainnya agar bisa mendapatkan kesempatan yang sama.

"Kami berharap kedua anak tersebut bisa memperlihatkan sepak terjangnya lagi, di mana mereka bisa memperlihatkan lagi catatan yang sudah mereka berhasil perlihatkan di Divisi Honor. Tentu ini menjadi catatan penting bagi program Vamos Indonesia, bahwa anak-anak Indonesia sanggup jika diberikan kesempatan dan persiapan yang baik, termasuk nutrisi, cara hidup, cara berpikir, dan intelejensia bermain sepak bola modern," ujar Merdi Sofyansyah.

Program Vamos Indonesia yang digagas oleh para insan pemerhati bola di Indonesia sejak 2017 lalu, telah memberangkatkan delapan anak Indonesia untuk berlatih dan bermain di Liga Spanyol. Saat ini sudah ada 4 anak Vamos Indonesia yang telah mengantongi kartu Ficha sebagai syarat bisa bermain di kompetisi Liga professional Spanyol, seperti Division Honor.