Sukses


Tak Jalani Tandang ke Papua, Persebaya Diuntungkan

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya tidak akan menjalani partai tandang ke Papua pada Liga 1 2019. Dua klub yang berbasis di provinsi tersebut, Perseru Serui dan Persipura Jayapura, telah memilih pindah markas sepanjang Liga 1 2019.

Perseru telah berganti nama menjadi Badak Lampung FC dan berkandang di Lampung. Sementara Persipura memilih Jogja sebagai markas baru. Penyebabnya, Stadion Mandala, Jayapura, yang menjadi stadion mereka tengah dalam tahap renovasi.

Kondisi ini tentu menguntungkan klub-klub yang berbasis di Jawa, termasuk Persebaya. “Kami memang diuntungkan jika melihat dari biaya yang kami keluarkan,” kata manajer Persebaya, Candra Wahyudi, Selasa (7/5/2019). 

Keharusan bertandang ke Papua beberapa tahun terakhir menjadi keluhan beberapa kontestan Liga 1, terlebih ke Serui. Untuk mencapai ibukota Kabupaten Kepulauan Yapen itu, setiap klub membutuhkan biaya yang tidak murah, mulai dari transportasi dan tempat menginap.

Perjalanan mencapai Serui dibutuhkan beberapa kali transit pesawat dan memakan waktu hingga setengah hari lebih. Pilihan hotel di Serui juga tidak banyak, dan cuaca di sana juga panas menguras tenaga lebih banyak.

Para pemain juga terpaksa melakukan perjalanan jauh untuk mencapai provinsi ujung timur Indonesia itu. Kondisi itu kadang membuat pemain klub yang berbasis di Jawa merasa kelelahan sebelum bertanding.

“Secara teknis Persebaya Surabaya kami sangat diuntungkan, karena setiap kami away ke Papua beberapa pemain juga terkuras tenaganya,” imbuh Candra.

Hanya ada dua laga tandang terjauh dengan biaya paling mahal musim ini, yaitu melawan Semen Padang dan PSM Makassar. Dua tim itu berada di Sumatra dan Sulawesi. Keduanya merupakan klub paling barat dan timur di Liga 1 2019.   

Video Populer

Foto Populer