Joseph Simatupang Melanjutkan Tradisi Orang Batak yang Berkarier di Kompetisi Eropa

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 07 Mei 2019, 23:45 WIB
Diperbarui 07 Mei 2019, 23:45 WIB
Joseph Simatupang Ferguson
Bocah Indonesia keturunan Batak, Joseph Simatupang Ferguson, mendapatkan kontrak untuk bermain di Blackburn Rovers U-18. (Instagram/@josephsimatupangferguson)

Bola.com, Blackburn - Putra Batak diprediksi masih akan meramaikan kompetisi di Eropa. Selepas Radja Nainggolan yang kini membela Inter Milan, muncul nama Joseph Simatupang Ferguson yang akan jadi pemain masa depan sebuah klub Inggris.

Joseph Simatupang Ferguson resmi menandatangani kontrak bersama Blackburn Rovers pada Minggu (5/5/2019). Pemain berusia 16 tahun itu nantinya akan bergabung bersama tim U-18.

Nama Joseph Simatupang memang masih terasa asing di telinga. Maklum, pemberitaan seputar pemain tersebut masih sangat jarang. Namanya mulai didengar setelah bergabung dengan Blackburn Rovers.

Joseph Simatupang seakan mengingatkan kita akan Radja Nainggolan pada 2006. Pemain Belgia keturunan Indonesia itu awalnya bermain untuk klub Serie B, Piacenza pada 2006.

Setelah empat musim, Radja kemudian bergabung dengan Cagrliari di Serie A. Di sinilah penampilan apik Radja kemudian membuka mata dunia.

Radja kemudian bergabung dengan AS Roma dan berhasil memberikan penampilan terbaik. Hingga akhirnya pemain berusia 31 tahun itu dipanggil Timnas Belgia. Radja saat ini bermain di Inter Milan sejak bergabung pada awal musim 2018-2019.

Sekilas ada kemiripan antara awal karier Radja Nainggolan dengan Joseph Simatupang. Keduanya sama-sama mengawali karier junior di klub kasta kedua. 

Bukan hal yang mustahil buat Joseph Simatupang untuk bisa meniru jejak karier Radja Nainggolan. Apalagi saat ini Blackburn Rovers berada di Divisi Championship.

Jika bisa mampu tampil impresif di tim U-18, Joseph Simatupang Ferguson bisa promosi ke tim utama. Peluang yang akan semakin membesarkan namanya untuk bisa dikenal klub-klub elite Inggris dan dunia.