Saat Bonek dan LA Mania Tarawih Berjamaah di Surabaya..

Oleh Aditya Wany pada 12 Mei 2019, 03:45 WIB
Suporter Persebaya dan Persela Lamongan

Bola.com, Surabaya - Laga uji coba bertajuk Jogo Suroboyo Game yang mempertemukan Persebaya Surabaya versus Persela Lamongan dimanfaatkan dengan baik oleh Bonek Mania dan LA Mania.

Pendukung kedua tim tampak membaur dan kian akrab dalam pertemuan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Sabtu malam (11/5/2019). 

Bonek sebagai tuan rumah menyambut LA Mania dan Curva Boys. Satu di antara pemandangan menarik itu terjadi sebelum kick-off pertandingan yang digelar pukul 20.30 WIB.

Mereka beribadah bersama di masjid yang terletak di area komplek Stadion GBT. Memang masjid itu tidak penuh. Namun, warna hijau dan biru muda yang menjadi ciri khas kedua klub itu bisa membaur dengan baik. 

Pemandangan menarik terlihat juga di dalam masjid. Ada seorang wanita yang mengenakan kaus bertulisan “Surabaya Lamongan Saduluran Saklawase” atau bersaudara selamanya. Wanita itu bernama Imelda Fikri Rochmawati. 

“Saya asli Surabaya dan saya Bonek. Momen ini sangat pas untuk menjaga persaudaraan Bonek dan suporter Persela. Makanya saya pakai kaus ini. Kebetulan, ada distro yang menjualnya, jadi saya langsung beli,” kata Imelda kepada Bola.com selepas salat tarawih. 

Kaus yang dikenakan Imelda semakin menegaskan bahwa hubungan Bonek Mania dan suporter Persela sudah mencair. Beberapa tahun lalu, keduanya masih dalam hubungan kurang baik dan menjalin rivalitas sengit di Jawa Timur.

 

2 of 2

Momen Keakraban

Persebaya Surabaya vs Persela Lamongan
Bonek (suporter Persebaya) dan LA Mania (suporter Persela) akur di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (5/8/2018). (Bola.com/Aditya Wany)

Di luar area stadion, lebih banyak lagi Bonek Mania yang berfoto dengan LA Mania atau Curva Boys. Tak ketinggalan, syal dengan desain warna biru muda dan hijau atau tulisan Persebaya dan Persela melengkapi sesi foto bersama. 

Pada beberapa titik, LA Mania terlihat menyanyikan beberapa lagu sambil menunggu pertandingan dimulai. Mereka menyanyikan lirik yang berisi ucapan “permisi” telah melewati area Surabaya. Spontan, Bonek yang ada di sekitarnya membalas dengan ucapan selamat datang.

Dwi Wijaya, LA Mania yang hadir dan mengikuti salat tarawih tersenyum bahagia melihat pemandangan ini.

“Senang sekali bisa melihat suasana yang bagus ini. Saya sudah lama ingin melihat ada momen Bonek dan LA Mania bisa menyatu seperti ini. Selain di dalam stadion, kami juga akrab di luar. Ini bentu persaudaraan di Jawa Timur dan nasional,” ucap Dwi.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama Bonek dan suporter Persela bisa datang ke stadion bersama-sama dan saling mengucap kalimat persaudaraan. Musim lalu, keduanya bisa saling mengunjungi di Surajaya (Lamongan) dan GBT. 

Hanya, pemandangan yang terlihat di Jogo Surboyo Game ini terasa lebih istimewa karena jatuh saat bulan Ramadan. Bulan yang suci bagi umat Islam ini menjadi momen yang sangat cocok buat suporter kedua klub untuk mempererat persaudaraan.

Apa yang ditunjukkan oleh Bonek dan suporter Persela patut dicontoh sebagai wujud kedewasaan suporter sepak bola Indonesia.

Salut!

Lanjutkan Membaca ↓