Profil Tim Liga 1 2019: Persela Lamongan

Oleh Zaidan Nazarul pada 14 Mei 2019, 07:15 WIB
Persela Lamongan Shopee Liga 1 2019

Bola.com, Lamongan - Persela Lamongan berpotensi menghadirkan kejutan di Shopee Liga 1 2019. Diisi mayoritas pemain muda, tim berjulukan Laskar Joko Tingkir ini menemukan gairah baru.

Hal itu bisa dilihat dari pencapaian mereka pada turnamen pramusim, khususnya Piala Presiden 2019.

Bermodalkan skuat minim pengalaman, tim yang bermarkas di Stadion Surajaya, Lamongan, ini terbukti mampu bersaing dengan klub-klub Liga 1 lainnya. Bahkan, pada babak penyisihan, Persela keluar sebagai juara grup setelah meraih dua kemenangan dan satu hasil imbang.

Dari dua kemenangan itu, satu yang paling fenomenal saat mereka secara mengejutkan mengalahkan Arema FC dengan skor tipis, 1-0. Sebelumnya mereka juga berhasil mengalahkan Persita Tangerang 2-0, dan mengimbangi tim bertabur bintang, Barito Putera 1-1 pada bentrokan terakhir di fase grup.

Kekuatan Persela diprediksi kian besar setelah terjadi perubahan pada komposisi pemain asingnya setelah Piala Presiden 2019. Tiga pemain impor yang dianggap minim kontribusi dan tak sesuai kriteria tim diganti dengan pemain asing anyar. Hanya pemain asing Asia asal Jepang, Kei Hirose, yang dipertahankan.

Persela akhirnya mendatangkan bek tengah asal Togo, Mawouna Kodjo Amevor, striker dari Brasil Alex dos santos Goncalves, dan terakhir gelandang serang asal Brasil, Rafael Gomes de Oliveira.

Nama terakhir cukup mendaji sorotan. Pemain yang akrab disapa Rafinha ini menunjukkan kelasnya. Meski belum pernah berlatih taktik bersama tim karena baru tiba dua hari menjelang uji coba versus Persebaya, Sabtu (11/5/2019), Rafinha mampu menjadi motor serangan Persela. Ia juga memberikan kontribusi satu assist.

Dengan modal skuat yang lebih segar, manajemen dan tim pelatih Persela Lamongan optimistis memenuhi target di papan atas Shopee Liga 1 2019.

 

2 of 4

Pelatih

Tim pelatih Persela Lamongan
Tim pelatih Persela Lamongan dari kiri, Erick Ibrahim, Ragil Sudirman, Aji Santoso, dan Danur Dara. (Bola.com/Zaidan Nazarul)

Durasi satu setengah musim membesut Persela Lamongan tentu bukan waktu yang singkat. Sejauh itu pula, Aji Santoso membuktikan bahwa dengan skuat minimalis, Persela mampu mamu disegani di kompetisi kasta tertinggi Indonesia.

Minimal, sejak ditangani Aji, tim berjulukan Laskar Joko Tingkir ini tak tersentuh kekalahan di kandang pada Liga 1 2018. Bahkan sejumlah tim raksasa dibuat tak berkutik ketika bermain di Stadion Surajaya.

Di tangan Aji pula, Persela konsisten bertahan di tengah ketatnya persaingan kompetisi Tanah Air. Hal ini tak lepas dari kelebihannya memompa semangat para pemain sehingga memiliki militansi dan semangat tak mau kalah.    

Aji juga memiliki spesialisasi menangani pemain muda. Tak sedikit pemain minim pengalaman menjadi bersinar setelah mendapatkan polesannya. Sebut saja Dendy Sulistyawan (Bhayangkara), Fahmi Al Ayyubi (Bali United), Achmad Subagja Baasith (Persela) dan beberapa pemain muda lainnya.

Musim ini, Persela diyakini mampu menjadi kuda hitam yang siap mengganggu dominasi tim-tim papan atas Liga 1 2019.

3 of 4

Pemain Kunci

Rafael Gomes de Oliveira
Gelandang asing Persela Lamongan, Rafael Gomes de Oliveira. (Bola.com/Zaidan Nazarul)

Rafael Gomes de Oliveira

Rafael Gomes de Oliveira dipercaya bakal menjadi pemain kunci tim berjulukan Laskar Joko Tingkir ini. Hal ini mengacu pada debut mengesankan sang pemain saat laga uji coba kontra Persebaya, Sabtu (11/5/2019) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Dengan kondisi fisik yang masih belum 100 persen usai menempuh perjalanan jauh dari Brasil ke Indonesia, pemain yang akrab disapa Rafinha ini dinilai tampil impresif.

Berbekal kecepatan serta kemampuannya mengolah si kulit bundar, pemain yang sebelumnya membela klub kasta teratas Liga Costa Rica, Club Sport Herediano, ini diprediksi akan menjadi motor permainan Persela.

Kepiawaiannya dalam mengirim umpan menjadi kelebihan lain yang dimiliki pemain yang beroperasi sebagai gelandang serang ini. Satu assist-nya ke Alex dos santos Goncalves yang berbuah gol pada laga uji coba lawan Persebaya dianggap sebagai gambaran kualitas pemain ini.

Kei Hirose

Kei Hirose, gelandang persela. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Pemain asing asal Jepang ini dinilai sebagai satu di antara kunci Persela ketika berhasil menembus babak perempat final Piala Presiden 2019. Meski akhirnya gagal melaju lebih jauh, Kei dinilai tampil apik sepanjang turnamen tersebut.

Wajar jika seusai Piala Presiden 2019, Kei menjadi satu-satunya pemain asing seleksi yang mendapat kontrak permanen dari manajemen Persela. Sementara tiga pemain asing lainnya, Washington Brandao, Jose Sardon, dan Jairo Rodriguez dipulangkan.

Mobilitas tinggi dan kemampuan Kei mendistribusikan bola membuat lini tengah Persela tampil solid. Duetnya bersama Achmad Subagja Baasith diyakini membuat sektor tengah Persela musim ini bakal lebih kreatif. Apalagi, ia juga memiliki pengalaman bermain di Liga Jerman bersama Krefeld-Fischeln (2015-2016) dan Jhan Hiesfeld (2016-2017) yang memiliki atmosfer sangat kompetitif.

Malik Risaldi

Pemain jebolan Akademi WCP Gresik ini bersiap menjadi idola baru pendukung Persela. Lewat penampilan apiknya selama turnamen pramusim serta laga uji coba, Malik disebut-sebut sebagai pemain masa depan Persela.

Malik telah membuktikan kualitasnya ketika berhasil membobol gawang Persita Tangerang dengan didahului aksi individu yang mengesankan.

Malik kembali menunjukkan kemampuan serta ketajamannya ketika Persela beruji coba kontra Persewar Waropen beberapa waktu lalu. Kala itu, Malik menyumbangkan satu dari tiga gol kemenangan Persela di pertandingan yang berlangsung di Stadion Surajaya, Lamongan.

Dengan jam terbangnya yang semakin bertambah saat kompetisi bergulir, Malik diprediksi menjadi pemain muda yang akan memberikan kontribusi penting di setiap pertandingan yang dijalani Persela nanti.

4 of 4

Daftar Skuat

Persebaya Surabaya vs Persela Lamongan
Persebaya Surabaya menjajal formasi 3-4-3 saat melawan Persela Lamongan pada laga uji coba di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (11/5/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

Kiper: Dian Agus Prasetyo, Dwi Kuswanto, Riza Agus Febrian

Belakang: Eki Taufik, Birrul Walidain, Samsul Arifin, Arif Satria, Mawouna Kodjo Amevor, M. Zaenuri, Evander Philip, Lukas Guruh

Tengah: A. Subagja Baasith, Lucky Wahyu, Artur Sena, Delvin Rumbino, Kei Hirose, Hambali Tholib   

Depan: Alex dos santos Goncalves, Sugeng Efendi, Marcel Alexander, Malik Risaldi, Yohanis Nabar, Abiyoso, M. Ridwan, Ghivari Faiz, M. Thoriq

Lanjutkan Membaca ↓