Sukses


Pemain Asing Diprediksi Masih Mendominasi Daftar Top Scorer Shopee Liga 1 2019

Bola.com, Jakarta - Shopee Liga 1 2019 akan dimulai dalam hitungan hari dengan jadwal sepak mula pada Rabu (15/5/2019). Pemain asing diprediksi masih akan mendominasi dalam daftar pencetak gol terbanyak dalam kompetisi.

Dalam empat edisi terakhir, predikat pencetak gol terbanyak di kompetisi elite Indonesia diraih pemain asing. Pemain lokal terakhir yang mampu menjadi yang tersubur di kompetisi elite Indonesia adalah Boaz Solossa pada Indonesia Super League 2013 dengan raihan 25 gol.

Setelah itu, pencetak gol terbanyak liga di Indonesia selalu diraih pemain asing. Contohnya, Emmanuel Kenmogne (Kamerun) pada Indonesia Super League 2014, Alberto Goncalves (ketika masih menjadi warga negara Brasil) pada Indonesia Soccer Championship A 2016, Sylvano Comvalius (Belanda) pada Liga 1 2017, dan Aleksandar Rakic (Serbia) di Liga 1 2018.

Untuk musim 2019, persaingan diprediksi akan berlangsung sengit. Penyebabnya, banyaknya pemain asing berkualitas yang berpeluang langganan mencetak gol.

Di Persija Jakarta ada Marko Simic asal Kroasia, yang musim lalu mencetak 18 gol. Di Persib Bandung ada Ezechiel N'Douassel (Chad), yang musim lalu mencetak 17 gol, kemudian ada Aleksandar Rakic yang musim ini membela Madura United, dan jangan dilupakan juga pendatang baru yang siap tampil menggebrak.

Di PSM Makassar ada Eero Markkanen (Finlandia), Loris Arnaud (Prancis) yang saat ini membela Tira-Persikabo, kemudian ada Amido Balde (Guinea-Bissau) yang membela Persebaya Surabaya. Selain itu ada Sylvano Comvalius yang pada Shopee Liga 1 2019 akan membela Arema.

2 dari 3 halaman

Penyerang Lokal Jadi Kuda Hitam

Samsul Arif coba mengelabuhi pemain lawan dalam uji coba. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Meski bakal didominasi pemain asing, penyerang lokal juga bukan tanpa peluang. Beberapa penyerang lokal yang memperkuat sejumlah klub juga bakal tampil mengejutkan.

Di Barito Putera ada sosok Samsul Arif yang musim lalu mampu mencetak 14 gol. Kemudian di Persipura masih ada Boaz Solossa dan Marinus Wanewar, yang siap memberikan kejutan.

Adapun di Arema ada Dedik Setiawan. Begitu juga dengan pemain naturalisasi di Bali United semisal Ilija Spasojevic dan Irfan Bachdim, yang tak boleh dicoret dari persaingan pencetak gol Shopee Liga 1 2019.

3 dari 3 halaman

Peluncuran Shopee Liga 1 2019

Di sisi lain, PT Liga Indonesia Baru dan Shopee akan menggelar konferensi pers peluncuran Shopee Liga 1 2019 pada Senin (13/5/2019). Konferensi pers tersebut bisa dinikmati secara publik melalui Live Shopee Apps dan Vidio.com.

Shopee Liga 1 2019 akan diikuti 18 klub peserta. Laga perdana Shopee Liga 1 2019 akan mempertandingkan laga juara Liga 2 2018, PSS Sleman, menghadapi pemenang Piala Presiden 2019, Arema FC, yang akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Rabu (15/5/2019), jam 20.30 WIB.

Pertandingan pembuka Shopee Liga 1 2019 itu bisa disaksikan secara langsung dan eksklusif di Indosiar dan melalui Vidio.com.

Sebagai catatan, seluruh laga di Shopee Liga 1 2019, berjumlah 306 pertandingan, akan disiarkan di Indosiar, O Channel, dan melalui live streaming di Vidio.com. Pembaca Bola.com juga bisa menikmati konten-konten spesial di situs kami.

Video Populer

Foto Populer