Suasana Ramadan dalam Seleksi Timnas Indonesia U-16 di Bojongsari

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 14 Mei 2019, 17:10 WIB
Timnas Indonesia U-16

Bola.com, Depok - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, memanggil 41 pemain untuk seleksi tahap pertama sebagai persiapan untuk Piala AFF U-15 di Thailand pada 27 Juli - 9 Agustus 2019. Latihan perdana digelar di National Youth Training Centre (NYTC), Bojongsari, Kota Depok, Senin (13/5/2019) sore WIB.

Dari 41 pemain yang hadir, 34 di antaranya berlatih dalam kondisi menahan haus dan lapar alias berpuasa. Oleh karena itu, Bima Sakti memutuskan untuk mengurangi porsi dalam seleksi.

Seleksi tahap pertama hari perdana itu dimulai pada pukul 16.00 WIB dan selesai pada 17.15 WIB. Para pemain Timnas Indonesia U-16 lalu membatalkan puasa bersama setelah azan magrib berkumandang di ruang makan NYTC.

"Ini bulan puasa dan latihan perdana jadi mereka masih beradaptasi di bulan puasa, kami kurangi materi latihan. Sebab, ada 34 pemain yang berpuasa jadi kami baru beradaptasi," ujar Bima Sakti kepada wartawan.

Penyerang Timnas Indonesia U-16, Alexandro Felix Kamuru.

Saat memberikan keterangan kepada wartawan, Bima Sakti ditemani oleh penyerang Timnas Indonesia U-16, Alexandro Felix Kamuru. Karena non-muslim, pemain asal Barito Putera ini tidak berpuasa.

Felix yang punya kondisi lebih segar dibanding teman-temannya, berinisiatif untuk menambah porsi latihannya dengan berlatih individual. "Untuk saya kalau latihan menambah kecepatan dan latihan lain-lain," imbuh Felix.

Ketika lapar menyerang, Felix mencari makan sendiri demi menghormati mayoritas teman-temannya yang berpuasa. "Di tim yang tidak berpuasa mencari makanan sendiri," kata pemain asal Papua itu.

Timnas Indonesia U-16 akan menjalani pemusatan latihan sampai 26 Mei.