5 Klub Favorit Juara Shopee Liga 1 2019

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 15 Mei 2019, 09:15 WIB
Trivia 5 Klub Kandidat Juara Liga 1 2019

Bola.com, Jakarta - Kompetisi elite sepak bola Indonesia bertajuk Shopee Liga 1 2019 siap digelar. Persaingan menuju tangga juara diprediksi akan berlangsung ketat seiring dengan mulai meratanya kekuatan klub peserta.

Masih serupa dengan edisi sebelumnya, Shopee Liga 1 2019 bakal diikuti 18 klub. Tiga di antaranya yang berstatus sebagai tim promosi adalah PSS Sleman, Semen Padang, dan Kalteng Putra.

Kehadiran tim promosi membuat persaingan akan semakin menarik. Selain itu, kualitas pemain yang dimiliki masing-masing klub mulai meningkat, baik untuk lokal maupun asing.

Sebanyak 306 pertandingan akan berlangsung di Shopee Liga 1 2019. Kick-off pembuka musim akan digelar pada Rabu (15/5/2019) di Stadion Maguwoharjo dalam duel PSS Sleman akan menjamu Arema FC.

Kompetisi musim ini pun disebut bakal jauh berkualitas ketimbang edisi sebelumnya. PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) menjamin tidak akan adanya skandal pengaturan skor yang berarti hasil pertandingan adalah murni dari kualitas tim yang bermain.

Lantas, siapa saja klub yang berpeluang menjadi favorit peraih gelar? Berikut ini 5 klub yang diprediksi akan bersaing menjadi kampiun Shopee Liga 1 2019 versi Bola.com:

2 of 6

Persija Jakarta

Para pemain Persija Jakarta merayakan gol yang dicetak oleh Ismed Sofyan, ke gawang Bali United pada laga Piala Indonesia 2019 di Stadion Wibawa Mukti, Minggu (5/5). Persija menang 1-0 atas Bali United. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sebagai juara bertahan, Persija Jakarta layak mendapatkan tempat pertama tim favorit juara Shopee Liga 1 2019. Namun, sejauh ini performa Macan Kemayoran jelang bergulirnya liga masih belum konsisten.

Persija mencatatkan rapor buruk di Piala Presiden 2019 karena tersingkir di babak perempat final. Begitu juga di Piala AFC 2019. Mereka gagal keluar dari lubang jarum fase grup.

Namun, pasukan Ivan Kolev berhasil melaju ke babak semifinal Piala Indonesia 2018. Artinya, ada sedikit harapan kalau tim yang dimiliki Persija mampu bersaing gelar musim ini.

Kehadiran Bruno Matos menambah warna tersendiri di tim Persija. Pemain asal Brasil itu tak hanya menjadi motor serangan klub ibu kota, namun juga bisa diandalkan untuk mencetak gol. Begitu juga dengan Marko Simic yang diprediksi bakal menjadi mesin gol Persija di Shopee Liga 1 2019.

3 of 6

PSM Makassar

Para pemain PSM Makassar merayakan gol yang dicetak oleh Wiljan Pluim ke gawang Lao Toyota FC pada laga Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (13/3). PSM menang 7-3 atas Lao. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Berstatus sebagai runner-up musim lalu, PSM Makassar diprediksi akan kembali bersaing gelar musim ini. Di bawah asuhan pelatih Darije Kalezic, Juku Eja menjelma menjadi tim tangguh.

Hal itu sudah dibuktikan dalam dua turnamen yang diikuti yakni Piala AFC 2019 dan Piala Indonesia 2018. PSM berhasil melaju ke semifinal Zona ASEAN dengan status juara grup dan tak pernah kalah selama babak penyisihan. PSM juga berhasil lolos ke semifinal Piala Indonesia.

Penampilan apik PSM jelang Shopee Liga 1 2019 tak terlepas dari kehadiran pemain-pemain berkualitas. Contohnya adalah bomber asal Finlandia, Eero Markkanen, yang diprediksi bakal meramaikan perburuan sepatu emas.

4 of 6

Persib Bandung

Gelandang Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha, saat melawan Persiwa Wamena pada laga Piala Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Senin (11/2). Persib menang 7-0 atas Persiwa. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Persib Bandung diyakini akan kembali diperhitungkan pada Shopee Liga 1 2019. Musim lalu, Maung Bandung memang hanya finis di peringkat keempat.

Akan tetapi, kehadiran Robert Rene Alberts di kursi pelatih membuat Persib layak masuk dalam kandidat favorit juara. Pelatih asal Belanda itu memang sudah khatam dengan sepak bola Indonesia dan musim lalu berhasil mengantarkan PSM Makassar sebagai runner-up.

Persib memang tak banyak melakukan perubahan materi pemain pada Shopee Liga 1 2019. Namun, kehadiran Rene Mihelic tentu akan menghadirkan warna tersendiri di lini tengah Persib ditambah dengan Ezechiel N'Douassel yang diprediksi akan semakin bertambah.

5 of 6

Bali United

Para pemain Bhayangkara Fc merayakan gol yang dicetak oleh Fadil Sausu ke gawang Semen Padang pada laga kedua Piala Presiden 2019 yng berlangsung di Stadion Patriot, Jawa Barat, Senin (11/3). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bali United menatap Shopee Liga 1 2019 dengan optimistis. Bersama pelatih Stefano Cugurra Teco, Pasukan Tridatu menjelma menjadi salah satu kandidat juara.

Seperti diketahui, Teco adalah sosok penting dibalik kesuksesan Persija Jakarta musim lalu. Hal itulah yang diharapkan bisa dilanjutkan Teco bersama Bali United.

Teco membuat Bali United menjadi tim yang tangguh dan baru kalah dua kali dalam sembilan pertandingan terakhir. Bali United diprediksi masih akan mengandalkan Stefano Lilipaly, Melvin Platje, dan Ilija Spasojevic dalam mencetak gol. Kinerja apik mereka akan didukung Paulo Sergio yang diboyong dari Bhayangkara FC pada awal 2019.

6 of 6

Arema FC

Skuat Arema dengan jersey baru musim 2019. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Arema FC bisa dibilang sebagai salah satu tim yang paling matang menyambut Shopee Liga 1 2019. Singo Edan memiliki persiapan yang bagus dengan menjuarai turnamen Piala Presiden 2019.

Bermaterikan pemain-pemain tangguh, Arema memiliki keseimbangan dalam tim mulai dari lini belakang, tengah, dan depan. Kehadiran Arthur Cunha dan Hamka Hamzah membuat lini belakang Arema sulit ditembus.

Kemudian di lini tengah ada Makan Konate dan Hendro Siswanto. Adapun untuk urusan mencetak gol, Arema pada Shopee Liga 1 2019 bisa mengandalkan Sylvano Comvalius.

Lanjutkan Membaca ↓