Piala AFC 2019 Melahirkan Sejarah Baru

Oleh Aning Jati pada 15 Mei 2019, 17:30 WIB
Ilustrasi Wasit

Bola.com, Jakarta - Tak hanya bicara hasil di lapangan, Piala AFC 2019 bakal melahirkan sejarah baru dalam hal lain. Sejarah itu akan tercipta pada Rabu hari ini (15/5/2019) di Myanmar, tepatnya di Stadion Thuwunna, Yangon.

Pada malam nanti, Grup F Piala AFC 2019 akan memainkan partai pamungkas. Dari dua pertandingan yang dimainkan, satu di antaranya, tim tuan rumah, Yangon United, akan meladeni wakil Kamboja, Nagaworld.

Pertandingan Yangon United vs Nagaworld sudah tak berpengaruh apa pun buat keduanya karena sama-sama telah tereliminasi setelah menduduki dua posisi terbawah di Grup F.

Namun, dari duel itu akan muncul sejarah. Pertandingan ini akan dipimpin perangkat pertandingan yang seluruhnya merupakan wanita. Ini menjadi kali pertama AFC menugasi tim wasit yang seluruhnya wanita, untuk memimpin pertandingan di ajang Piala AFC.

Tim perangkat pertandingan itu dihuni tiga wasit asal Jepang. Mereka adalah Yoshimi Yamashita (wasit), Makoto Bozono (asisten wasit), dan Naomi Teshirogi (asisten wasit).

"Ini akan jadi kali pertama tiga wasit wanita memimpin kompetisi antarklub AFC, menandai tonggak baru dalam wasit Asia," demikian pernyataan resmi AFC.

Sebelum ini AFC pernah menugasi wasit wanita, namun hanya sebagai asisten wasit, juga di laga Piala AFC, pada edisi 2014. Asisten wasit yang bertugas itu adalah Sarah Ho dan Alysson Flynn, keduanya berasal dari Australia.

"Ini salah satu impian saya. Kami bekerja keras dan inilah hasilnya," kata Yamashita. 

Sumber: Khmer Times