Warna-warni Jersey Anyar Shopee Liga 1 2019: Persib, Persija, Persebaya, PSM, Siapa Paling Keren?

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 16 Mei 2019, 04:00 WIB
Trivia Parade Kostum Klub Liga 1

Bola.com, Jakarta - Shopee Liga 1 2019 sebagai kompetisi sepak bola elite di Indonesia telah dimulai pada Rabu (15/5/2019). Sebanyak 18 klub siap bersaing demi meraih gelar juara yang terbaik di Tanah Air.

Berbagai cara dilakukan klub-klub Indonesia untuk bisa meraih gelar Liga 1 2019. Mulai dari pembenahan dalam struktur jajaran klub., pergantian pelatih, dan pembelian pemain lokal dan asing.

Ketiga cara tersebut diyakini sebagai yang paling logis untuk bisa meraih gelar. Namun, ada pula faktor eksternal lain yang bisa membuat para pemain bersemangat membela klubnya masing-masing.

Faktor tersebut adalah jersey. Klub-klub Shopee Liga 1 2019 berlomba merancang desain jersey yang elegan dan menarik. Desain tersebut pun disesuaikan agar bisa membakar semangat pemain ketika berjuang di lapangan. 

Lantas, seperti apa penampakannya? Berikut ini parade jersey anyar 18 klub peserta Shopee Liga 1 2019:

2 of 19

Arema FC

Pemain Arema FC, Nur Hardianto berpose saat Peluncuran Shopee Liga 1 di SCTV Tower, Jakarta, Senin (13/5). Sebanyak 18 klub akan bertanding pada Liga 1 mulai tanggal 15 Mei. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Arema FC tampil lebih segar dengan jersey anyar untuk Liga 1 2019 dan masih menggunakan apparel asal Spanyol, Munich. Untuk jersey kandang masih menggunakan warna kebesaran yakni biru.

Desainnya cukup apik dengan siluet Singo yang merupakan lambang klub. Untuk musim ini, Arema menghilangkan kombinasi warna putih yang berada di lengan. Sebagai penggantinya, ada striping merah di bagian kerah.

3 of 19

Bali United

Pemain Bali United, Muhammad Taufiq berpose saat Peluncuran Shopee Liga 1 di SCTV Tower, Jakarta, Senin (13/5). Sebanyak 18 klub akan bertanding pada Liga 1 mulai tanggal 15 Mei. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Tak banyak perubahan yang ada pada jersey anyar Bali United. Untuk 2019, Pasukan Tridatu masih menggunakan warna dasar Merah, Putih, dan Hitam.

Hanya ada sentuhan baru yakni motif kalung Kebo Iwa lengkap dengan ornamen ukiran Bali di bagian kerah jersey terbaru Bali United. Kebo Iwa sendiri merupakan seorang ksatria di Bali yang telah melegenda.

Bali United menjadi salah satu tim yang bertabur sponsor yang terlihat di jersey anyar mereka. Untuk teknik pengerjaan jersey terbaru Bali United kali ini menggunakan printing, sablon dengan beberapa kombinasi bahan, serta logo tampilan yang baru dan modern. Selain itu design jersey lebih modern mengikuti perkembangan jersey klub-klub Eropa

4 of 19

Barito Putera

Pemain Barito Putera, Gavin Kwan berpose saat Peluncuran Shopee Liga 1 di SCTV Tower, Jakarta, Senin (13/5). Sebanyak 18 klub akan bertanding pada Liga 1 mulai tanggal 15 Mei. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Untuk Shopee Liga 1 2019, Barito Putera tidak lagi menggunakan apparel Umbro. Mereka memakai apparel lokal dengan desain yang mencolok di daerah bahu.

Jersey anyar Barito Putera masih didominasi warna kuning. Namun, kali ini coraknya berwarna hitam dan tidak lagi memakai biru seperti musim lalu.

5 of 19

Bhayangkara FC

Pemain Bhayangkara FC, Indra Kahfi berpose saat Peluncuran Shopee Liga 1 di SCTV Tower, Jakarta, Senin (13/5). Sebanyak 18 klub akan bertanding pada Liga 1 mulai tanggal 15 Mei. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bhayangkara FC memulai Shopee Liga 1 2019 dengan jersey baru menggunakan apparel Lotto. Untuk jersey kandang, masih menggunakan warna kebesaran kuning yang dipadukan rilis merah di kedua lengan dan kerah.

Desain jersey ini terkesan lebih segar karena dukungan warna merah. Berbeda dengan musim lalu yang memadukan warna kuning dengan hitam.

6 of 19

Borneo FC

Pemain Borneo FC, Wahyudi Hamisi berpose saat Peluncuran Shopee Liga 1 di SCTV Tower, Jakarta, Senin (13/5). Sebanyak 18 klub akan bertanding pada Liga 1 mulai tanggal 15 Mei. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Borneo FC juga menggunakan jersey dari apparel lokal. Masih menggunakan warna kebesaran oranye, jersey Borneo FC musim ini dipadukan warna abu-abu pada bagian lengan dan kerah.

Tambahan corak tersebut membuat jersey Borneo FC semakin berwarna. Berbeda dengan musim lalu yang hanya polos oranye.

7 of 19

Kalteng Putra

Pemain Kalteng Putra berpose saat Peluncuran Shopee Liga 1 di SCTV Tower, Jakarta, Senin (13/5). Sebanyak 18 klub akan bertanding pada Liga 1 mulai tanggal 15 Mei. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Kalteng Putra akan menggunakan jersey berwarna merah sebagai seragam kandang. Menggunakan apparel lokal MBB, jersey anyar Kalteng Putra mendapatkan sentuhan tradisional.

Terdapat corak burung Enggang yang didesain secara siluet. Selain itu, juga ada warna abu-abu sebagai strip pelengkap di bagian lengan dan kerah.

8 of 19

Madura United

Pemain Madura United, Jaime Xavier berpose saat Peluncuran Shopee Liga 1 di SCTV Tower, Jakarta, Senin (13/5). Sebanyak 18 klub akan bertanding pada Liga 1 mulai tanggal 15 Mei. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Jersey Madura United musim ini lebih santai ketimbang musim lalu. Menggunakan apparel MBB, jersey Madura United memiliki tiga warna dasar yakni Merah, Putih, dan Hitam.

Corak Merah dan Putih secara bergantian di bagian depan jersey. Adapun warna hitam melingkar di bagian kerah dan lengan.

9 of 19

Persebaya Surabaya

Pemain Persebaya Surabaya, Rachmat Irianto berpose saat Peluncuran Shopee Liga 1 di SCTV Tower, Jakarta, Senin (13/5). Sebanyak 18 klub akan bertanding pada Liga 1 mulai tanggal 15 Mei. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Tak ada yang berbeda secara garis besar pada jersey anyar Persebaya Surabaya. Jersey yang menggunakan warna dasar hijau gelap itu masih seperti musim lalu ditemani striping kuning di lengan dan kerah.

Masih terdapat motif sisik buaya yang menjadi ciri khas kota Surabaya. Warna serupa juga berada di bagian celana.

10 of 19

Persela Lamongan

Pemain Persela Lamongan berpose saat Peluncuran Shopee Liga 1 di SCTV Tower, Jakarta, Senin (13/5). Sebanyak 18 klub akan bertanding pada Liga 1 mulai tanggal 15 Mei. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Persela Lamongan menggunakan apparel Forium untuk Shopee Liga 1 2019. Klub berjuluk Laskar Joko Tingkir masih menggunakan warna biru langit untuk jersey kandang.

Tedapat tiga warna yang digunakan sebagai striping pelengkap. Yakni Merah, Putih, dan Hitam yang berada di kerah dan bagian lengan.

11 of 19

Perseru Badak Lampung

Pemain Badak Lampung berpose saat Peluncuran Shopee Liga 1 di SCTV Tower, Jakarta, Senin (13/5). Sebanyak 18 klub akan bertanding pada Liga 1 mulai tanggal 15 Mei. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Perseru Badak Lampung menjadi tim dengan jersey paling simple pada Shopee Liga 1 2019. Menggunakan warna kebesaran merah, jersey tersebut hanya memuat satu sponsor di bagian depan dan satu lainnya di bagian belakang.

Menggunakan apparel lokal, jersey merah menyala itu dipadukan dengan striping putih. Letaknya berada di kerah dan lengan jersey.

12 of 19

Persib Bandung

Pemain Persib Bandung, Beckham Putra berpose saat Peluncuran Shopee Liga 1 di SCTV Tower, Jakarta, Senin (13/5). Sebanyak 18 klub akan bertanding pada Liga 1 mulai tanggal 15 Mei. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Persib Bandung masih menggunakan jersey dengan warna kebesaran biru. Pada jersey musim ini juga masih dipenuhi sponsor yang berada di depan, pundak, lengan, dan belakang.

Warna biru jersey dipadukan dengan kerah berwarna kuning. Selain itu, untuk warna sponsor menggunakan putih.

13 of 19

Persija Jakarta

Pemain Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa berpose saat Peluncuran Shopee Liga 1 di SCTV Tower, Jakarta, Senin (13/5). Sebanyak 18 klub akan bertanding pada Liga 1 mulai tanggal 15 Mei. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Persija Jakarta masih merahasiakan jersey yang akan digunakan pada Shopee Liga 1 2019. Bocorannya, jersey yang disuplay Specs itu masih menggunakan warna merah untuk jersey kandang.

Nantinya, akan ada suatu terobosan pada jersey yang akan digunakan kamping Liga 1 2018 itu. Specs menyebut, logo Persija akan didesain secara 3D. Dengan desain tiga dimensi itu akan menambah kesan lebih eksklusif dan premium.

14 of 19

Persipura Jayapura

Kiper Persipura Jayapura, Dede Sulaiman berpose saat Peluncuran Shopee Liga 1 di SCTV Tower, Jakarta, Senin (13/5). Sebanyak 18 klub akan bertanding pada Liga 1 mulai tanggal 15 Mei. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Persipura Jayapura juga tak melakukan banyak perubahan untuk jersey yang akan digunakan di Liga 1 2019. masih menggunakan warna dasar hitam, jersey tersebut dipadukan dengan corak berwarna merah dan abu-abu.

Terdapat striping merah yang memanjang dari lengan hingga pundak. Hal ini memberikan kesan tegas untuk jersey tim berjuluk Mutiara Hitam itu.

15 of 19

PSIS Semarang

Pemain PSIS Semarang berpose saat Peluncuran Shopee Liga 1 di SCTV Tower, Jakarta, Senin (13/5). Sebanyak 18 klub akan bertanding pada Liga 1 mulai tanggal 15 Mei. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Tak banyak perubahan yang dilakukan PSIS Semarang pada jersey untuk Shopee Liga 1 2019. Masih menggunakan warna biru, jersey kali ini menggunakan apparel RIORS.

Terdapat corak bermotif etnik pada bagian lengan. Selain itu ada pula striping berwarna merah muda yang berada di bagian kerah.

16 of 19

PSM Makassar

Pemain PSM Makassar, Muhammad Rahmat berpose saat Peluncuran Shopee Liga 1 di SCTV Tower, Jakarta, Senin (13/5). Sebanyak 18 klub akan bertanding pada Liga 1 mulai tanggal 15 Mei. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Jersey PSM Makassar bisa dibilang menjadi yang paling elegan di Shopee Liga 1 2019. Menggunakan warna merah marun, jersey PSM dipadukan dengan warna emas pada bagian sponsor dan motif pada bagian lengan.

Motif tersebut merupakan lambang dari apparel Umbro yang dibuat melingkar pada bagian lengan. Kesan elegan sangat terasa apalagi jersey ini tidak terkesan murahan karena hanya memasukkan satu sponsor utama pada bagian depan.

17 of 19

PSS Sleman

Pemain PSS Sleman berpose saat Peluncuran Shopee Liga 1 di SCTV Tower, Jakarta, Senin (13/5). Sebanyak 18 klub akan bertanding pada Liga 1 mulai tanggal 15 Mei. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

PSS Sleman menggunakan jersey berwarna hijau untuk kandang. Jersey tersebut dipadukan dengan warna abu-abu sebagai striping pendamping.

Striping tersebut berada di bagian kerah, kedua lengan, dan bagian perut. Hal ini semakin menambah ketegasan dari jersey anyar milik Elang Jawa.

18 of 19

Semen Padang

Pemain Semen Padang berpose saat Peluncuran Shopee Liga 1 di SCTV Tower, Jakarta, Senin (13/5). Sebanyak 18 klub akan bertanding pada Liga 1 mulai tanggal 15 Mei. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Semen Padang menggunakan apparel Lotto pada Shoppe Liga 1 2019. Jersey anyar Semen Padang masih menggunakan warna merah menyala yang dipadukan dengan striping kuning pada bagian kerah.

Selain itu, ada warna hitam yang berada di bagian lengan. Pada bagian tersebut terdapat logo Lotto yang semakin padu karena berwarna putih.

19 of 19

Tira-Persikabo

Pemain PS Tira, Dimas Drajad berpose saat Peluncuran Shopee Liga 1 di SCTV Tower, Jakarta, Senin (13/5). Sebanyak 18 klub akan bertanding pada Liga 1 mulai tanggal 15 Mei. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Tira-Persikabo masih memilih warna hijau sebagai dasar jersey untuk Shopee Liga 1 2019. Terdapat striping kuning yang melingkar di kerah.

Selain itu pada bagian perut terdapat pula striping dengan warna serupa. Musim ini, Tira-Persikabo masih mempercayakan desain jersey kepada apparel MBB.

Lanjutkan Membaca ↓