Persebaya Siapkan Alternatif Menghadapi Bali United Tanpa Amido Balde

Oleh Aditya Wany pada 15 Mei 2019, 19:45 WIB
Amido Balde

Bola.com, Gianyar - Persebaya dipastikan bakal tampil tanpa striker andalan, Amido Balde, saat melawan Bali United. Penyebabnya, striker asal Guinea-Bisau itu terkendala urusan administrasi pemain asing di Shopee Liga 1 2019.

Tanpa Amido, Persebaya tidak memiliki striker murni dalam pertemuan pertama di Liga 1 2019 ini. Laga ini dijadwalkan dimainkan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis malam (16/5/2019). Namun, Bajul Ijo sudah menyiapkan alternatif lain.

"Kami tanpa striker murni. Amido absen sehingga harus menurunkan pemain lain. Kami memiliki skema bermain alternatif di depan. Jadi, sangat mungkin mengubah taktik bermain dalam pertandingan," kata Djadjang Nurdjaman, pelatih Persebaya, Rabu (15/5/2019).

Sejak awal musim ini, Persebaya berusaha menjajal skema baru dalam berbagai variasi. Terakhir, Djadjang melakukan itu saat beruji coba melawan Persela Lamongan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (11/5/2019).

Dalam laga bertajuk Jogo Suroboyo Game itu, Persebaya memulai pertandingan dengan formasi 3-4-3. Dalam beberapa situasi, formasi itu berubah menjadi 3-5-2 dan 5-3-2, dengan memasang dua pemain ujung tombak serangan.

Kemungkinan, trio lini depan akan diisi Manuchehr Jalilov, Irfan Jaya, dan Osvaldo Haay dalam skema itu. Saat menyisakan dua striker, Jalilov bisa mundur kembali ke posisi asli sebagai gelandang.

Tetapi, gaya permainan Persebaya yang mengandalkan kecepatan pemain sayap dan umpan silang, sudah banyak diketahui lawan. Termasuk, pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, yang diprediksi sudah mengantisipasi hal tersebut.

"Kalau Teco sudah hafal dengan cara kami bermain, seperti crossing, berarti pemain kami harus mengubah gaya dengan cepat di pertandingan. Kami lebih mengutamakan cara bermain ball possession dengan beberapa variasi di depan," ucap Djadjang.