4 Fakta Menarik Jelang Duel Seru Bali United Vs Persebaya

Oleh Aditya Wany pada 16 Mei 2019, 06:15 WIB
Shopee Liga 1 Logo 2

Bola.com, Gianyar - Bali United bersua dengan Persebaya Surabaya dalam laga pekan pertama Shopee Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis malam (16/5/2019). Pertemuan antara dua tim besar Indonesia ini akan menyuguhkan permainan yang menarik dengan fakta-fakta menarik di antara keduanya.

Pertandingan ini menjadi pertemuan kali ketiga yang melibatkan kedua tim. Dalam sejarah, Bali United baru dua kali menghadapi Persebaya yang semuanya terjadi pada musim lalu. Maklum, kedua tim ini memiliki sejarah yang sangat berbeda.

Bali United dan Persebaya sama-sama mengincar tiga poin alias kemenangan perdana dalam pertemuan ini. Sebelum pertandingan digelar, pelatih kedua tim, Stefano Cugurra Teco (Bali United) dan Djadjang Nurdjaman (Persebaya) saling melontar pujian.

Serdadu Tridatu, julukan Bali United, tidak banyak melakukan perubahan materi pemain. Mereka tetap memiliki sejumlah nama beken macam Melvin Platje, Stefano Lilipaly, Irfan Bachdim, Ilija Spasojevic, Fadil Sausu, Taufiq, hingga Wawan Hendrawan.

Sejumlah pemain baru didatangkan seiring kedatangan Teco sebagai arsitek anyar. Kebanyakan merupakan pemain bertahan, yaitu Willian Pacheco (Selangor FA), Gunawan Dwi Cahyo (Persija Jakarta), dan Paulo Sergio (Bhayangkara FC).

Sementara itu, di sisi lain Persebaya juga mempertahankan banyak pemain lama. Skuat tim berjulukan Bajul Ijo itu masih dihuni oleh Ruben Sanadi, Otavio Dutra, Irfan Jaya, Osvaldo Haay, Fandi Eko Utomo, dan Nelson Alom.

Sebanyak tiga pemain asing direkrut untuk menambah kekuatan itu. Masing-masin yaitu Damian Lizio, Manuchehr Jalilov, dan Amido Balde. Lalu, masih ada Novan Setya Sasongko dan Hansamu Yama Pranata yang menjadi pilar andalan lini belakang.

Kedua tim ini baru berjumpa musim lalu, belum banyak sisa cerita yang mereka miliki. Tapi, ada satu yang cukup dikenang, yaitu sukses Persebaya menggasak Bali United dengan skor 5-2 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar pada 18 November 2018 di Liga 1 musim lalu.

Selain cerita itu, masih ada beberapa fakta menarik yang tersaji menjelang duel Bali United kontra Persebaya. Berikut ulasan dari Bola.com:

2 of 5

Reuni Mantan

Piala Indonesia 2019: Persija Jakarta Vs Bali United
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, saat melawan Persija Jakarta pada laga Piala Indonesia 2019 di Stadion Wibawa Mukti, Minggu (5/5). Persija menang 1-0 atas Bali United. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Stefano Cugurra Teco kini telah berstatus sebagai pelatih kepala Bali United. Tapi, dia punya kenangan Persebaya. Pelatih asal Brasil itu kali pertama datang ke Indonesia menjadi pelatih fisik Persebaya sejak 2004.

Saat itu, Persebaya berada di bawah arahan Jacksen F. Tiago dan berhasil menjuarai Divisi Utama 2004. Teco kemudian mengabdi selama lima tahun di Bajul Ijo. Catatan sejarah pernah menjadi bagian dari Persebaya itu tak akan dilupakannya.

Selain Teco, masih ada gelandang mungil Taufiq yang juga mengawali karier bersama Persebaya. Bahkan, dia pernah ditempa di kompetisi internal Persebaya, bergabung dengan Fatahillah 354. Saat ini, Taufiq telah menjadi wakil kapten Bali United.

Di kubu Persebaya, terdapat bek sayap Novan Setya Sasongko yang juga berstatus mantan. Musim lalu, pemain asal Bojonegoro itu menjadi bagian dari Serdadu Tridatu. Awal musim ini, dia memutuskan hengkang dan menerima pinangan Persebaya.

 

3 of 5

Persebaya Superior

Bali United vs Persebaya Surabaya
Duel Bali United vs Persebaya di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (18/11/2018). (Bola.com/Aditya Wany)

Belum banyak catatan yang ditorehkan oleh pertemuan ini. Seperti yang telah disebutkan, keduanya baru dua kali berjumpa yang semuanya terjadi di Liga 1 2018. Tapi, dari sini Persebaya sudah lebih unggul dari Bali United.

Dua kali bertemu, dua kali pula Persebaya mempecundangi Bali United. Pada putaran pertama, Persebaya menang 1-0 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Saat bertandang, Persebaya justru pesta gol dengan kemenangan 5-2 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar (18/11/2018)

 

4 of 5

Persebaya Punya Rekor Impresif

Otavio Dutra, Persebaya Surabaya
Bek Persebaya Surabaya, Otavio Dutra, tampak berlatih bersama para pemain muda Bajul Ijo. (Bola.com/Aditya Wany)

Selain catatan head-to-head yang lebih unggul, Persebaya masih ada satu torehan lain yang lebih impresif. Kali ini berkaitan dengan hasil pertandingan selama pramusim di Piala Presiden 2019 dan Piala Indonesia 2018.

Total, Persebaya telah melakoni sebanyak 11 pertandingan dengan hasil delapan menang, dua seri, dan satu kalah. Lalu, Bajul Ijo juga membukukan sebanyak 37 gol dan kebobolan 10 kali dalam jumlah pertandingan itu.

Bali United berada jauh di bawahnya. Klub dengan warna kebesaran merah-putih-hitam itu menjalani sebanyak sembilan pertandingan, mencatat tujuh menang dan dua kalah. Fadil Sausu dkk hanya mencetak 18 gol atau tak sampai separo dari raihan Persebaya.

Saat berlaga di Piala Presiden 2019, Persebaya mampu menembus babak final meski akhirnya harus puas dengan posisi runner-up. Sementara itu, Bali United malah tak mampu melangkah jauh setelah hanya sampai fase grup turnamen itu.

 

5 of 5

Catatan Laga Perdana Liga 1

Piala Presiden 2019: Bali United Vs Semen Padang
Para pemain Bhayangkara Fc merayakan gol yang dicetak oleh Fadil Sausu ke gawang Semen Padang pada laga kedua Piala Presiden 2019 yng berlangsung di Stadion Patriot, Jawa Barat, Senin (11/3). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pada dua musim pertama Liga 1, yaitu 2017 dan 2018, Bali United punya hasil berbeda dalam menjalani laga perdana. Pada musim 2017, mereka bertandang ke markas Madura United dan takluk 0-2. Sementara musim lalu, Bali United unggul 1-0 saat menjamu PSMS Medan.

Status Bali United sebagai tuan rumah saat bersua tentu akan menjadi keuntungan tersendiri. Mereka bisa meneruskan catatan positif itu di hadapan pendukungnya sendiri. Sedangkan Persebaya memiliki cerita lain.

Ini menjadi kali pertama buat Persebaya menjalani laga tandang pada pekan pertama Liga 1. Pada musim 2017, mereka masih berkompetisi di Liga 2. Sedangkan musim lalu, Bajul Ijo menang 1-0 saat menjamu Perseru Serui.

Lanjutkan Membaca ↓