Aji Santoso Bicara soal Peluang Persela di Persaingan Elite Shopee Liga 1 2019

Oleh Zaidan Nazarul pada 16 Mei 2019, 08:15 WIB
Wawancara Eksklusif Aji Santoso

Bola.com, Lamongan - Eksistensi Persela dalam dua musim terakhir Liga 1 tidak lepas dari tangan dingin Aji Santoso. Sejak Aji menangani tim ini, prestasi Persela yang nyaris ambruk di tangan pelatih-pelatih sebelumnya berangsur membaik.

Padahal, dalam dua musim itu juga, Persela hanya dihuni pemain-pemain nonbintang. Namun, kepiawaian Aji Santoso dalam meramu tim, menerapkan skema yang tepat, serta kemampuan memotivasi hingga semangat pemainnya berlipat membuat tim berjulukan Laskar Joko Tingkir ini terhindar dari degradasi.

Hebatnya, selama membesut Persela, Aji Santoso menorehkan rekor tak terkalahkan di kandang, khususnya di kompetisi reguler. Meski secara peringkat, Persela hanya bertahan di papan tengah.

Memasuki musim baru, beban target lebih berat ada di pundak pelatih asal Kepanjen Malang ini. Aji tak hanya dituntut menjadikan Persela sebagai kuda hitam, tapi juga bersaing di papan atas klasemen akhir.

Terlepas dari itu, Aji Santoso juga memiliki ambisi pribadi bersama Persela? Berikut petikan wawancara Aji dengan Bola.com:

2 of 2

Persaingan Liga 1 2019 dan Potensi Persela Memenuhi Target

Bagaimana Anda melihat peta persaingan Liga 1 2019?

Saya rasa persaingan akan cukup ketat karena kekuatan tim kini cukup merata. Tidak ada yang lebih menonjol antara satu tim dengan yang lain.

Sekarang, tinggal siapa yang bisa tampil konsisten sepanjang musim. Selain itu perubahan di bursa transfer kedua bisa membuat peta persaingan berubah.

Manajemen pasang target finis di papan atas, apakah Persela bisa merealisasi target tersebut?

Tidak ada yang tidak mungkin. Asal kami optimists dan memiliki mental bermain tandang yang lebih baik dibanding musim lalu, kami bisa bersaing di papan atas klasemen.

Setidaknya, kami telah membuktikan di Piala Presiden 2019, bahwa kami pernah mengalahkan Arema FC yang akhirnya jadi juara.

Apakah realistis jika melihat materi pemain Persela yang dihuni mayoritas pemain muda?

Kami tak mau takabur, tapi kami mempunyai sederet pemain muda potensial. Dipadu dengan pemain asing yang kami miliki, saya cukup optimistis tim kami bisa berbuat lebih di kompetisi musim ini.

Adakah target pribadi yang Anda canangkan?

Ada, saya ingin Persela mengakhiri kompetisi di posisi yang lebih baik ketimbang musim lalu

(Pada musim 2018, Persela finis di peringkat ke-13. Koleksi poin Persela beda tipis dengan tim-tim di bawahnya, termasuk tiga tim yang akhirnya terdegradasi).

Menurut Anda, siapa pemain Persela yang punya potensi bakal bersinar musim depan?

Semua pemain muda Persela, juga pemain asing kami. Tak perlu saya sebutkan siapa, yang pasti semua pemain punya peluang untuk menjadi bintang. Semua tergantung kinerja mereka nanti.

Lanjutkan Membaca ↓