Menyukai Aroma Kopi Indonesia, Marc Klok Menjalankan Bisnis Kafe di Makassar

Oleh Abdi Satria pada 16 Mei 2019, 20:30 WIB
Marc Klok, PSM Makassar, Koffie o'Klok, Bola.com

Bola.com, Makassar - Selama ini Marc Klok dikenal sebagai gelandang enerjik dan petarung di lapangan hijau milik PSM Makassar. Belakangan, Marc Klok juga bersatus sebagai pemilik sebuah kafe bernama Koffie o'Klok. Kafe ini resmi beroperasi mulai bulan lalu. Letaknya sangat strategis karena berlokasi dekat kawasan Pantai Losari dan Kantor Walikota Makassar.

Klok mengungkapkan dirinya mengeluarkan investasi yang tak sedikit sebagai bukti cintanya kepada aroma khas kopi Indonesia, khususnya dari Tana Toraja.

"Saya dan keluarga di Belanda adalah penikmat kopi. Saya merasa beruntung bisa menetap di Makassar sebagai pemain PSM," ujar Marc Klok yang ditemui Bola.com pada Kamis (16/5/2019) siang.

Saat diwawancara, Klok ditemani rekannya di PSM, Wiljan Pluim dan Bonnie Fautngil (asisten pelatih Juku Eja). Klok mengaku tidak takut bersaing dengan puluhan warung kopi dan kafe yang menjamur di Makassar.

"Kafe milik saya memiliki konsep berbeda. Menunya pun variatif, dari tradisional sampai modern. Selain kopi dan aneka jus, kafe saya juga menyediakan berbagai makanan sehat dari berbagai sayuran," terang Klok.

Tidak hanya mengusung menu khusus, Klok juga ingin menjadikan kafe miliknya sebagai tempat favorit buat mereka yang ingin menjalin relasi. Atau sebuah keluarga yang ingin menikmati suasana lain, tapi tetap seperti suasana di rumah. Selain dekorasi interior yang elegan, Koffie o"Klok tidak menyediakan televisi dan Wifi seperti kafe lainnya.

"Saya ingin tamu yang datang benar-benar menikmati sajian kami plus bercengkrama dengan kolega tanpa 'terganggu' oleh smartphone masing-masing," ungkap Klok.

Pemain asal Belanda itu optimistis kafe yang dikelolanya sudah balik modal dalam dua tahun ke depan. "Saya menyewa tempat ini selama lima tahun. Kafe saya buka mulai jam 7 pagi sampai 10 malam. Khusus saat Ramadan, kafe saya buka sampai sahur selesai," kata Klok.

Dalam mengelola kafe, Marc Klok berbagi saham dengan dua pengusaha muda lokal, William dan John. "Kami bergantian mengontrol bisnis ini. Kalau saya di Makassar, saya menyempatkan satu sampai tiga jam di kafe ini," pungkas suami dari Cacharel ini.