Madura United Hanya Gunakan 3 Pemain Asing, Dejan Antonic Angkat Bicara

Oleh Aditya Wany pada 17 Mei 2019, 12:45 WIB
Dejan Antonic

Bola.com, Bangkalan - Madura United saat ini menjadi satu-satunya kontestan Shopee Liga 1 2019 yang hanya memiliki tiga pemain asing. Pelatih Madura United, Dejan Antonic, mengakui hanya memiliki tiga pemain asing memungkinkan timnya mendapatkan dampak positif maupun negatif.

Saat ini Madura United hanya memiliki tiga pemain asing non-Asia, di antaranya adalah Jamierson Xavier (Brasil), Aleksandar Rakic (Serbia), dan Zah Rahan (Liberia). Satu slot yang masih kosong itu seharusnya diisi oleh pemain asal negara anggota AFC atau yang kerap disebut pemain Asia.

Situasi ini dialami setelah Madura United mencoret Dane Milovanovic (Australia). Mereka sempat menjajal pemain asal Jepang, Shodai Nishikawa, namun tidak mengontraknya.

Pelatih Madura United, Dejan Antonic angkat bicara soal keputusan klubnya yang hanya mendaftarkan tiga pemain asing itu. Dia paham apa yang dilakukan Madura United tidak lazim untuk kontestan Liga 1.

“Itu risiko besar, bisa berdampak positif atau negatif. Kalau membawa pemain baru bisa saja yang berkualitas. Tapi, kami tidak perlu terlalu banyak (pemain asing). Kami sekarang masih punya satu slot pemain Asia, mungkin nanti di putaran kedua,” kata Dejan.

Tanpa pemain Asia, Madura United sebenarnya sudah memiliki skuat yang mumpuni. Mereka memiliki deretan pemain berlabel bintang. Kedatangan pemain Asia baru justru akan merusak komposisi skuat yang sudah berkualitas.

“Kami sudah biasa. Tiga pemain asing terus itu dari hari pertama sejak empat bulan lalu. Kalau kami bisa dapat satu lagi pasti berbeda. Kami sudah memberi kesempatan untuk pemain (Shodai Nishikawa), tapi secara fisik belum siap,” imbuh pelatih asal Serbia itu.

Sejak pembentukan skuat baru pada pramusim, Dejan memang cenderung jarang memainkan Milovanovic. Sebagai pemain asing, pemain berusia 29 tahun itu justru kalah bersaing dengan gelandang lokal Madura United.

Sementara itu, Jaimerson, Rakic, dan Zah Rahan, selalu menjadi pilihan utama dalam skuat Madura United sejak pramusim di Piala Indonesia 2018 dan Piala Presiden 2019. Mereka memiliki peran sentral pada posisi masing-masing di lini belakang, tengah, dan depan.

Ketiga pemain asing Madura United itu juga dikenal memiliki prestasi gemilang. Jaimerson adalah stoper tangguh yang baru saja menjuarai Liga 1 2018 bersama Persija Jakarta. Lalu, Rakic menjadi top scorer Liga 1 2018 bersama PS Tira. Sedangkan, Zah Rahan merupakan playmaker sarat prestasi menjuarai ISL 2010-2011 dan 2013 bersama Persipura Jayapura.