Fakta Menarik Persib Jelang Hadapi Persipura

Oleh Erwin Snaz pada 18 Mei 2019, 06:30 WIB
Persib Bandung Shopee Liga 1 2019

Bola.com, Bandung - Persib Bandung menjamu Persipura Jayapura dalam pertandingan pekan pertama Shopee Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (18/5/2019) malam. Ada sejumlah fakta menarik jelang pertemuan kedua tim besar Indonesia itu.

Pertemuan Persib kontra Persipura ini mengingatkan kembali saat final Liga 1 2014, di mana Persib akhirnya menjadi juara lewat drama adu penalti yang berlangsung di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Jumat (7/11/2014).

Meski memiliki catatan kurang memuaskan di setiap laga perdana Liga 1 beberapa musim lalu, akan tetapi Maung Bandung tidak pernah terkalahkan di kandang sendiri saat bersua tim berjulukan Mutiara Hitam tersebut.

Tahun 2016, tepatnya 12 November, Persib menang atas Persipura dengan skor 2-0. Sementara pada 7 Mei 2017, Persib juga menang atas Persipura dengan skor tipis 1-0.

Kemudian pada 12 Mei 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Bandung, Persib juga menang atas Persipura 2-0. Dua gol Persib dilesakkan dua striker andalannya Jonathan Bauman dan Ezechiel N'Douassel. Gol pertama dicetak Ezechiel lewat tendangan penalti dimenit ke 28, sedang gol kedua diciptakan Bauman menit 65.

Kemenangan 2-0 itu sekaligus menjadi catatan cleanscheet kedua bagi Persib, terutama bagi kiper andalan Persib Muhammad Natshir

Persib tentunya ingin memperpanjang catatan apik tidak pernah kalah oleh Persipura di kandang sendiri, sekaligus ingin mematahkan rekor tidak pernah menang di setiap laga perdana Liga 1.

"Kami sangat antusias dengan apa pun di pertandingan pertama nanti. Ini spesial karena kami sudah latihan selama berbulan bulan, kami sangat nantikan Liga di mulai, persiapan kami juga bagus dan kami targetkan tiga poin," tegas Robert Alberts, pelatih anyar Persib.

 

2 of 2

Reuni Oh Inkyun

Liga 1 2018 : Persib Bandung Vs Arema FC
Gelandang Persib Bandung, Oh Inkyun, melakukan protes saat pertandingan melawan Arema FC pada laga Liga 1 di Stadion GBLA, Jawa Barat, Kamis (13/9/2018). Persib menang 2-0 atas Arema FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bagi Oh Inkyun, Persib Bandung memiliki kenangan. Maklum, ia membela Persib pada musim lalu. Ia diperkenalkan manajemen Persib pada 5 Januari 2018. Selama itu pula, Inkyun tampil 27 kali membela Maung Bandung dan menyumbang tiga gol.

Pemain yang kini memperkuat Persipura ini menjadi pemain asal Korea Selatan pertama berseragam Persib Bandung.

Oh Inkyun pun akan berhadapan dengan rekan-rekannya semasa membela Persib, seperti Ezechiel N'douassel, Bojan Malisic, juga beberapa pemain lokal lainnya yang masih bertahan di Persib.

Pengalaman bersama Persib, tentu akan menjadi keuntungan bagi Inkyun, setidaknya pemain yang pernah membela Mitra Kukar ini, cukup tahu dengan kelebihan dan kekurangan tim Pangeran Biru.

"Persipura datang ke Bandung untuk dapat hasil yang maksimal. Saya tahu karena saya juga pernah main di Bandung. Persib Bandung tim besar, tapi Persipura juga tim yang tidak kalah besar," ujar Oh Inkyun.

Lanjutkan Membaca ↓