6 Catatan Gemilang Madura United Setelah Mencukur Persela 5-1

Oleh Aditya Wany pada 18 Mei 2019, 09:45 WIB
Andik Vermansah

Bola.com, Lamongan - Madura United langsung mencatat torehan gemilang dalam pekan pertama Shopee Liga 1 2019. Mereka berpesta gol dengan skor 5-1 saat bertandang ke markas Persela Lamongan di Stadion Surajaya, Lamongan, Jumat (17/5/2019) malam.

Dua gol Madura United disumbang oleh Beto Goncalves pada menit ke-13 dan ke-43. Tiga lainnya masing-masing dicetak Aleksandar Rakic (45+1'), Greg Nwokolo (63'), dan Slamet Nurcahyo (79').

Sebenarnya, Madura United mengincar hasil imbang saja pada pertandingan ini. Namun, mereka justru meraih lebih dari itu. Selain menang, Madura United mampu pesta gol di kandang Persela.

Pelatih Madura United, Dejan Antonic sebenarnya tidak menurunkan kekuatan penuh dalam laga ini. Gelandang serang Zah Rahan absen karena mengalami cedera otot paha sehari menjelang pertandingan.

Meski tanpa playmaker andalannya, Laskar Sape Kerap tetap bermain atraktif. Mereka mengandalkan duo pemain sayap, yaitu Andik Vermansah dan Greg Nwokolo, yang mampu mengirim umpan matang.

Catatan kemenangan ini membuat Madura United menuai banyak pujian. Beberapa torehan menarik dibukukan oleh Laskar Sape Kerap pada laga ini. Berikut ulasan dari Bola.com:

 

2 of 7

1. Kemenangan Tandang Terbesar

Skor 5-1 menjadi kemenangan terbesar yang diraih oleh Madura United dalam laga tandang di Liga 1. Sebelumnya, kemenangan terbesar mereka hanya dengan skor 2-0 saat bertandang ke markas Persija Jakarta.

Menariknya, ini merupakan kemenangan kedua di markas Persela pada 2019. Sebelumnya, mereka menang pada perempat final Piala Presiden 2019.

Striker Madura United, Beto Goncalves, bersiap melepaskan tembakan saat menghadapi Persela Lamongan di laga pekan pertama Shopee Liga 1 2019 di Stadion Surajaya, Lamongan, Jumat (17/5/2019). Madura United menang telak 5-1 dalam laga tersebut. (Bola.com/Aditya Wany)

3 of 7

2. Skor Terbesar pada Pekan Pertama Liga 1 2019

Persela Lamongan
Persela Lamongan menelan kekalahan 1-5 dari Madura United pada pekan pertama Shopee Liga 1 2019, Jumat (17/5/2019) di Stadion Surajaya, Lamongan. (Bola.com/Zaidan Nazarul)

Hasil ini membuat Madura United meraih kemenangan terbesar pada pekan pertama Shopee Liga 1 2019. Sebelumnya, PSS Sleman menang 3-1 atas Arema FC dalam laga pembuka kompetisi ini pada 15 Mei lalu.

Selama ini, hasil pertandingan pekan pertama cenderung berakhir imbang atau tipis. Sebelum kemenangan margin empat gol Madura United, margin dua gol sebuah tim meraih tiga poin menjadi umum pada pekan pertama.

4 of 7

3. Kemenangan Terbesar dalam Sejarah Pekan Pertama Liga 1

Shopee Liga 1 Logo
Shopee Liga 1 Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

 

Madura United juga membukukan kemenangan terbesar dalam laga pekan pertama Liga 1. Sebelumnya, kemenangan terbesar diraih dengan margin dua gol saja.

Hanya ada dua kemenangan besar pada laga pekan pertama di Liga 1. Pada Liga 1 2017, PSM sukses menang 3-1 atas Persela Lamongan. Kemudian, musim lalu, Madura United menang 3-1 atas Barito Putera.

5 of 7

4 Pencetak Gol Berbeda

Persela Lamongan Vs Madura United
Shopee Liga 1 - Persela Lamongan Vs Madura United (Bola.com/Adreanus Titus)

Meski mencetak lima gol, tidak ada pemain yang mendominasi sumbangan gol. Hanya Beto Goncalves saja yang memborong dua gol dalam hasil 5-1 ini.

Tiga gol lainnya dicetak oleh Aleksandar Rakic, Greg Nwokolo, dan Slamet Nurcahyo. Selain itu, semua gol itu dihasilkan melalui assist yang membuktikan kerja sama tim.

 

6 of 7

Puncak Klasemen

Madura United Shopee Liga 1 2019
Madura United Shopee Liga 1 2019 (Bola.com/Adreanus Titus)

Madura United langsung naik ke puncak klasemen sementara setelah menumbangkan Persela. Pada pekan pertama, mereka bisa unggul selisih gol mencapai empat.

Di posisi kedua, ada PSS Sleman yang baru membungkam Arema FC 3-1. Posisi puncak belum aman mengingat masih ada empat pertandingan yang belum dimainkan pada pekan pertama.

 

7 of 7

Brace Beto Goncalves

Madura United, Persela Lamongan, Liga 1 2019, Shopee Liga 1, Beto Goncalves
Striker Madura United, Beto Goncalves, bersiap melepaskan tembakan saat menghadapi Persela Lamongan di laga pekan pertama Shopee Liga 1 2019 di Stadion Surajaya, Lamongan, Jumat (17/5/2019). Madura United menang telak 5-1 dalam laga tersebut. (Bola.com/Aditya Wany)

Beto Goncalves mencatat brace pertama dalam pekan pertama Liga 1 2019. Sebelumnya, belum ada dwigol yang dicetak oleh pemain klub lain pada pekan pertama ini.

Menariknya, Beto justru berstatus sebagai pemain tertua di Madura United musim ini. Pada akhir tahun ini, Beto akan berusia 39 tahun.

Lanjutkan Membaca ↓