3 Calon Kuda Hitam di Liga 1 2019

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 19 Mei 2019, 06:15 WIB
Arema FC, Borneo FC dan Tira Persikabo

Bola.com, Jakarta - Tim dengan label underdog kerap ditunggu kejutannya dalam sebuah kompetisi, termasuk di Shopee Liga 1 2019. Sejumlah klub digadang-gadang sebagai favorit juara. Namun, menaruh kewaspadaan terhadap kontestan lain wajib hukumnya.

Persija Jakarta sangat difavoritkan untuk mempertahankan gelar juara Liga 1 2019. Tim berjulukan Macan Kemayoran itu akan bersaing dengan klub-klub yang tampil konsisten pada dua musim belakangan, seperti PSM Makassar, Persib Bandung, dan Bhayangkara FC.

Namun, jangan lupakan keseriusan Madura United, Bali United, dan Persebaya Surabaya dalam menyongsong kompetisi. Ketiga tim ini adalah ancaman serius untuk persaingan trofi Liga 1 2019.

Ramainya pertarungan menuju tangga juara, mengundang ketertarikan untuk menebak klub-klub yang dapat menyodok dominasi tim-tim di atas. Bukan tidak mungkin akan ada klub di luar daftar di atas yang akan melesat dan menghuni papan atas klasemen Liga 1 2019.

Tim-tim dengan label underdog tersebut akan menjadi kejutan. Bola.com mencoba merangkum tiga klub calon kuda hitam di Liga 1 2019. Berikut ulasannya:

2 of 4

Arema FC

Arema FC Shopee Liga 1 2019
Arema FC Shopee Liga 1 2019 (Bola.com/Adreanus Titus)

Arema FC selalu finis di luar lima besar pada dua musim terakhir. Pada 2017, tim berjulukan Singo Edan ini mengakhiri klasemen di peringkat kesembilan dan peringkat keenam selang setahun berikutnya.

Hal tersebut juga membuat Arema FC kurang diperhitungkan untuk Liga 1 musim ini. Sejak kasta tertinggi berubah nama menjadi Liga 1, Singo Edan belum benar-benar memperlihatkan taringnya.

Juara Piala Presiden 2017 tak membuat Arema cukup konsisten ketika menjalani Liga 1 2017. Kini berstatus sebagai juara Piala Presiden 2019, bagaimana nasib Arema.

Seharusnya status kampiun Piala Presiden 2019 bisa kembali mengangkat pamor tim kebanggaan Aremania ini.

3 of 4

Borneo FC

Pusamania Borneo FC Shopee Liga 1 2019
Pusamania Borneo FC Shopee Liga 1 2019 (Bola.com/Adreanus Titus)

Hati-hati, para favorit juara Liga 1 2019. Borneo FC datang membawa kejutan. Nakhoda kapal klub dari Tanah Samarinda kini dipegang oleh Roberto Mario Carlos Gomez, seorang pelatih yang hampir membawa Persib Bandung berjaya pada musim lalu.

Gomez telah membuktikan tangan dinginnya setelah menyingkirkan Persib pada babak delapan besar Piala Indonesia 2018. Kini, tugasnya ialah mengantar tim berjulukan Pesut Etam itu mendobrak hegemoni klub-klub besar di Liga 1 2019.

4 of 4

Tira Persikabo

Tira Persikabo Shopee Liga 1 2019
Tira Persikabo Shopee Liga 1 2019 (Bola.com/Adreanus Titus)

Tira Persikabo adalah satu tim lain yang berpotensi menjadi kuda hitam di Liga 1 2019. Ditangani pelatih berpengalaman, Rahmad Darmawan, Tira Persikabo mengusung ambisi menembus lima besar klasemen akhir.

Aktivitas di bursa transfer memerlihatkan keseriusan Tira Persikabo. Empat pemain asing didatangkan, salah satunya ialah Loris Arnaud, sang pencetak 15 gol pada musim lalu ketika berseragam Persela Lamongan.

Lanjutkan Membaca ↓