PSIS Bisa Terima Kritikan Pedas dari Suporter

Oleh Vincentius Atmaja pada 18 Mei 2019, 22:45 WIB
CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukaw

Bola.com, Semarang - PSIS Semarang dihujani kritikan para pendukungnya sebagai bentuk kekecewaan akibat kekalahan pada pekan pertama Shopee Liga 1 2019 dari Kalteng Putra dengan skor 1-2, Kamis (16/5/2019). CEO PSIS, Yoyok Sukawo, mengatakan kritikan itu wajar dan bisa diterima. 

Kekalahan tersebut terasa lebih baik karena dialami PSIS di kandang sendiri, Stadion Moch Soebroto, Magelang. 

Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, dengan skuat yang lengkap, masih belum cukup bagi PSIS. Tim promosi Kalteng Putra mampu mencuri poin penuh. 

Pendukung memasang spanduk dengan bertuliskan bahasa Jawa 'Luweh' yang artinya terserah. Banjir kritikan merembet di sosial media. Tak sedikit anggota suporter PSIS yang melampiaskan kekecewaannya ditujukan kepada sosok pelatih Jafri Sastra.

Yoyok Sukawi menganggap wajar kritikan sebagai luapan kekecewaaan suporter. Menurutnya PSIS sudah menjadi tim besar dengan target yang tinggi pula. Praktis para pendukung kecewa bila mendapat hasil negatif.

"Kami menghormati suporter yang memberikan kritikan. Itu cukup penting mengingat PSIS sekarang bukan tim ecek-ecek. Materi pemain sudah merata, tapi masih kalah, jadi wajar jika suporter memberikan hujatan, tekanan, bahkan kritikan. Ini harusnya menjadi bahan evaluasi," ungkap Yoyok Sukawi, Sabtu (18/5/2019).

"Musim lalu PSIS kalah di semua lini. Tetapi untuk saat ini, materi pemain lebih merata di semua lini. Kami lebih optimistis PSIS Semarang bisa berbicara lebih baik musim 2019," terangnya.

Pria yang memiliki nama asli AS Sukawijaya ini mengatakan penampilan PSIS sebenarnya tidak buruk saat menyerah dari Kalteng Putra. Banyak peluang untuk mencetak gol didapat timnya, hanya saja faktor ketidakberuntungan masih menaungi. PSIS bertekad bangkit pada pekan kedua, yakni menjamu juara bertahan Persija Jakarta, Minggu (26/5/2019) mendatang.

"Kemarin dua gol lawan terjadi dari skema counter attack. Ya inilah sepak bola, tim yang menyerang terus belum tentu menang. Dewi fortuna belum memihak. Kami tetap optimistis tim musim ini akan memenuhi target di akhir musim," ujar Yoyok Sukawi soal peluang PSIS Semarang